Dark/Light Mode

Stop Politik Caci Maki!

Senin, 20 Maret 2023 05:02 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Tiga hari lagi kita memasuki Bulan Ramadan. Bagi kaum Muslimin, Ramadan adalah bulan yang penuh hikmah dan ampunan. Bulan mulia ini seyogyanya diisi dengan yang baik-baik di segala sendi kehidupan. Termasuk dalam bidang politik. Segala caci maki, sumpah serah, apalagi fitnah, seharusnya dihentikan. Stop!

Selama ini, dunia politik kita sangat bising dan penuh kegaduhan. Setiap hari, berbagai sindiran, serangan, dan hinaan terus mewarnai pertarungan para elite yang ingin meraih kekuasaan di Pilpres 2024. Dunia nyata dan dunia maya sama bisingnya. Sindiran dibalas sindiran yang lebih keras. Serangan dibalas serangan yang lebih kasar.

Baca juga : Politik Prangko

Perang elite ini juga menular ke akar rumput. Yang paling miris, serangan ke sosok kandidat tertentu juga masih ditemukan di forum-forum yang seharusnya memberikan hikmah dan pencerahan. Pendukung kandidat capres A menyerang kandidat capres B. Pendukung kandidat capres B menyerang balik. Begitu terus.

Dengan datangnya Ramadan, kita berharap, segala serangan, caci maki, apalagi fitnah, itu bisa dihentikan. Agar segala ibadah kita selama Ramadan ini bisa berjalan khusyuk, sehingga kita mendapat predikat takwa sebagaimana firman Allah SWT.

Baca juga : Stop Pamer Kekayaan

Selama Ramadan, para kandidat capres atau pendukungnya, silakan saja terus berkampanye. Sepanjangan semua kampanye itu tidak melanggar aturan agama maupun hukum positif yang berlaku di negeri ini. Kalau melanggar, apalagi masih dibumbui dengan caci maki, puasanya sia-sia saja. Hanya mendapatkan lapar dan dahaga, seperti yang diperingatkan Rasulullah SAW.

Untuk itu, mari manfaatkan momentum Ramadan ini untuk berlomba-lomba dengan kebaikan. Dalam politik, banyak kebaikan yang bisa dilakukan. Bahkan bisa lebih besar kekuatannya dibanding bidang lain. Seperti dengan memberikan makan para fakir miskin sebanyak mungkin, membantu para pedagang kecil, memberdayakan masyarakat yang kehilangan pekerjaan, menyediakan takjil dan makan sahur untuk masyarakat tidak mampu, dan sebagainya.

Baca juga : Politik Jangan Dimasukkan Ke Hati

Politik kebaikan ini tentu akan lebih diterima masyarakat. Politik kebaikan ini juga bisa membawa berkah dan manfaat bagi banyak kalangan. Dan yang terpenting, Ramadan pun dapat berlangsung sejuk, indah, dan penuh berkah seperti yang kita harap-harapkan dan panjatkan dalam doa selama Rajab dan Sya’ban.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.