Dark/Light Mode

Ayo Genjot Lagi Ekonomi Rakyat

Sabtu, 13 Mei 2023 05:52 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

 Sebelumnya 
Oleh karena itu, apabila ada usaha kecil yang mengalami kesulitan modal atau terancam gulung tikar, harus secepatnya diselamatkan. Caranya, berikan pinjaman tanpa bunga.

Sedangkan untuk usaha kecil yang masih bisa bernapas, tapi butuh suntikan modal, perlu segera diberikan pinjaman dengan bunga ringan, maksimal 5 persen per tahun. Kita berharap, untuk usaha kecil yang sudah mampu menghasilkan produk dengan kualitas tinggi, secepatnya didorong untuk menerobos pasar luar negeri.

Baca juga : Jangan Rusak Ekonomi Rakyat

Kalau pasar potensial yang ada di Timur Tengah dan Afrika dapat ditembus, usaha kecil bisa naik kelas. Untuk itu, peran aktif atase perdagangan sangat dibutuhkan, guna meyakinkan mitra bisnis yang ada di negara tujuan ekspor.

Dengan demikian, selama perang Rusia-Ukraina, konflik Korea Utara dengan Korea Selatan dan Jepang serta Konflik China dan Taiwan tidak menutup jalur suplai barang dari Indonesia ke negara tujuan ekspor, pasar luar negeri harus ditembus.

Baca juga : Ekonomi Global Bisa Babak Belur

Kita ingin ekonomi Indonesia bisa tumbuh lebih pesat lagi. Kita ingin usaha kecil bisa bangkit lebih cepat lagi. Untuk itu, segera berikan bantuan modal dan bukakan akses ke pasar potensial di luar negeri. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.