Dark/Light Mode

Kemarau Panjang Di Tahun Politik

Sabtu, 10 Juni 2023 06:04 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

 Sebelumnya 
Ke depan ini, pasokan beras dari sentra produksi ke pasar induk dan pasar rakyat tak boleh tersendat. Kalau pasokan berkurang, cepat keluarkan beras dari gudang Bulog dan banjiri pasar. Ini penting untuk mencegah lonjakan harga beras di pasar rakyat.

Tahun ini dan tahun 2024 adalah tahun politik. Di tahun politik, tak boleh terjadi kelangkaan beras di pasar rakyat dan pasar tradisional.

Baca juga : Jangan Curi Uang Rakyat

Oleh karena itu, kita berharap, institusi pemerintah yang menangani produksi dan pengadaan beras, meng­hitung lagi, berapa sebenarnya angka produksi dan konsumsi beras tahun ini. Apakah musim kemarau tahun ini yang jauh lebih kering dari tahun lalu, akan menurunkan produksi beras secara signifikan.

Untuk itu, kalau hingga akhir tahun 2024, stok beras di gudang Bulog selalu di atas angka 2 juta ton, dipastikan tak akan terjadi lonjakan harga.

Baca juga : Jangan Sakiti Rakyat Kecil

Jadi sekali lagi, kalau memang sudah diprediksi, kemarau tahun ini jauh lebih kering dari tahun-tahun sebelumnya, maka impor beras perlu dilakukan lebih cepat. Sebab, kalau terlambat, stok beras di pasar inter­nasional bisa menipis dan harganya melonjak.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.