Dark/Light Mode

Era Untuk Anak Muda

Jumat, 29 September 2023 00:14 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Ditunjuknya Kaesang Pangareng menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebenarnya bukan sesuatu yang aneh. Juga tidak mengagetkan. Sebab, saat ini memang eranya para generasi muda yang tampil di depan, termasuk dalam dunia politik.

Generasi muda memang masih minim pengalaman. Belum banyak makan asam garam di belantika politik. Namun, mereka punya keunggulan dalam menangkap perkembangan zaman yang semakin mendigital dan serba cepat. Mereka punya kemampuan untuk melakukan inovasi-inovasi, yang mungkin tidak terjangkau dan tidak terpikirkan generasi tua.

Baca juga : Makan Sabun Untuk Buktikan Produk Natural

Karena itu, sudah saatnya mereka diberi kesempatan untuk tampil dan menunjukkan potensi dan karya-karyanya. Partai-partai lain seharusnya sudah memikirkan juga hal seperti ini. PSI bisa menjadi contoh, dan semoga menjadi trigger partai-partai lain untuk melakukan hal serupa.

Untuk kebijaksanaan, memang anak muda masih punya kelemahan. Dengan pengalaman yang masih singkat dan dengan jiwa yang menggebu-gebu, para anak muda mungkin akan lebih mementingkan kalkulasi rasionalitas dalam mengambil keputusan dibanding dengan rasa.

Baca juga : Gol Ezra Walian Untuk Mendiang Ibunda Tercinta

Namun, bukan berarti potensi dan kesempatan mereka bisa diredam. Yang diperlukan adalah peran para generasi senior untuk memberikan wejangan, nasihat, dan juga bimbingan.

Mengenai keberhasilan anak muda dalam pemimpin, sudah banyak contohnya. Di level kementerian, ada Nadiem Makarim dan Dito Ariotedjo. Di level kepala daerah, lebih banyak lagi. Ada Gibran Rakabuming Raka, Bobby Nasution, Emil Dardak, dan yang lainnya. Sedangkan di level parpol ada Agus Harimurti Yudhoyono.

Baca juga : Tato Nama Anak 667 Kali

Untuk itu, memang sudah saatnya para senior menyerahkan top leadership negeri ini ke generasi muda. Sejatinya, semua parpol harus melakukan penyegaran untuk melakukan transfer kekuasaan. Zaman sudah berubah. Tuntunan zaman juga. Serahkan kepada yang muda untuk berkarya. Parpol juga harus berkembang meliputi generasi milenial.

Generasi milenial, yang jumlahnya sangat besar, juga punya pikiran tentang kekuasaan. Oleh karenanya, parpol segera harus punya cara merespons pikiran yang demikian. Segera lakukan suksesi kekuasaan untuk parpol yang sehat dan maju. Saatnya yang muda memimpin.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.