Dark/Light Mode

Pemilu Jurdil

Sabtu, 3 Februari 2024 05:45 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari pencoblosan sudah dekat. Para peserta Pemilu 2024 sudah saatnya fokus pada upaya mempersiapkan saksi di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Peran saksi sangat penting untuk menjaga suara calon anggota legislatif (Caleg) di daerah pemilihan (Dapil)-nya masing-masing.

Peran saksi juga sangat penting un­tuk mencegah kemungkinan terjadinya kecurangan atau perpindahan suara antar Caleg dan antar Parpol. Begitu ada tanda-tanda bakal terjadi kecuran­gan, saksı harus secepatnya melapor ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Baca juga : Lindungi Petani Kecil

Kita berharap, peserta Pemilu bersa­ma-sama para saksı dan Bawaslu men­jaga pesta demokrasi 14 Februari 2024 berjalan secara jujur dan adil (Jurdil). Siapapun tak boleh mengotori Pemilu.

Kita juga berharap, pada hari-hari ke depan ini hingga hari H pencoblosan, peserta Pemilu menjauhi kecurangan dan tidak melakukan politik uang.

Baca juga : Hindari Caci Maki

Supaya Pemilu dapat menghasilkan anggota legislatif berintegritas, kom­peten dan berkualitas, mereka yang terlibat dalam pesta demokrasi mesti memegang teguh prinsip kejujuran dan keadilan.

Begitu muncul tanda-tanda bakal terjadi kecurangan atau politik uang, Bawaslu harus segera bertindak. Sanksi tegas mesti dikenakan kepada. mereka yang terbukti melakukan pelanggaran.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.