Dark/Light Mode

Debat Yang Membumi

Sabtu, 16 Februari 2019 06:43 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

 Sebelumnya 
Selanjutnya, program BBM satu harga dapat menjangkau seluruh daerah terpencil. Bahkan, di pulau-pulau terluar. Pembangunan infrastruktur jalan raya, pelabuhan dan bandar udara juga mesti menjangkau semua daerah di luar Jawa.

Dalam debat capres besok, publik tentu menantikan kejutan-kejutan. Mereka menunggu solusi jitu apa yang akan ditawarkan masing-masing capres untuk mewujudkan kedaulatan pangan dan energi 5 tahun ke depan.

Baca juga : Pers Wajib Perangi Hoaks

Untuk itu, kedua capres hendaknya tidak mengumbar jargon atau menetapkan target-target bombastis. Publik, khususnya kaum milenial, lebih suka pada hal-hal sederhana, konkret dan membumi.

Misalnya, mereka ingin bisa berkiprah di industri migas, gasifikasi batubara dan pengadaan listrik. Tinggal sekarang, para capres menawarkan apa kira-kira yang akan dilakukan sehingga terbuka akses yang luas bagi kaum milenial untuk bekerja di sektor energi.

Baca juga : Legislatif Bersih, Negara Kokoh

Kualitas debat capres besok tentu diharapkan lebih baik dari debat pertama. Oleh karena itu, kedua capres hendaknya menyampaikan hal-hal yang membumi.

Karena debat yang membumi itu akan jadi salah satu bahan pertimbangan rakyat pada Pilpres 17 April 2019 mendatang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.