Dark/Light Mode

Utamakan Wong Cilik

Sabtu, 22 Agustus 2020 05:50 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

 Sebelumnya 
Kita berharap, masyarakat disadarkan bahwa virus Corona itu sangat berbahaya dan bisa menyerang siapa saja yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Kemudian untuk mengetahui peta penyebaran Covid-19, tes swab/PCR hendaknya diprioritaskan ke perkampungan padat penduduk. Apabila, ada warga yang hasil tes PCR-nya terkonfirmasi positif, petugas medis bisa segera turun tangan.

Kita berharap dengan pola kerja, tanggap segera, reaksi cepat, aparat Pemda dan petugas medis bisa mengendalikan Covid-19 yang muncul di kluster-kluster baru.

Baca juga : Ayo Genjot Tes Covid

Tes massif PCR juga sudah saatnya dilakukan terhadap para pedagang asongan dan kaki lima yang sebagian kini sudah mulai aktif berjualan di sekitar perkantoran dan pasar-pasar tradisional.

Tes PCR kini jadi faktor kunci untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kalau di suatu perkampungan, ada satu atau dua orang yang terkonfirmasi positif, maka isolasi bisa langsung dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 ke perkampungan lain.

Baca juga : Uang Tunai Untuk Rakyat

Sekali lagi, kita berharap penanganan Pandemi Covid-19 fokus ke wong cilik dan orang-orang miskin. Pertama, prioritaskan penyaluran bantuan uang tunai untuk pengangguran dan korban PHK. Kemudian, siapkan program padat karya untuk buruh harian yang kehilangan pekerjaan. Kedua, tes massif PCR untuk wong cilik.

Dengan mengutamakan wong cilik, kita berharap Covid-19 dapat lebih cepat dikendalikan dan orang-orang yang berada di lapisan paling bawah bisa membeli beras dan lauk pauk. ***

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.