Dark/Light Mode

Awas Corona Kloter Kedua

Sabtu, 13 Juni 2020 07:55 WIB
KIKI ISWARA DARMAYANA
KIKI ISWARA DARMAYANA

RM.id  Rakyat Merdeka - Penyebaran virus Corona (Covid)-19 masih terjadi di beberapa daerah di Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.

Di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan, jumlah pasien terkonfirmasi positif terus bertambah. Bahkan, secara nasional empat hari terakhir, kenaikan jumlah pasien positif Covid-19 mencapai angka tertinggi, yaitu di atas 1.000 orang per hari.

Keadaan seperti ini tentu sangat mengkhawatirkan. Sebab, di kala beberapa Pemda tengah melonggarkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), secara nasional angka pasien positif melonjak.

Baca juga : Listrik Untuk Rakyat

Memang jumlah orang dan spesimen yang dites swab/PCR makin banyak. Tapi bertambahnya pasien positif rata-rata di atas 1.000 orang per hari harus diwaspadai.

Tentu kita berharap ini bukan tanda-tanda, serangan virus Corona kloter kedua akan segera terjadi.

Pemerintah pusat, Pemda dan masyarakat tak boleh lengah dan tidak boleh menggangap enteng lonjakan drastis pasien positif Corona.

Baca juga : Si Kaya Wajib Bantu Si Kecil

Protokol kesehatan, yaitu pakai masker, jaga jarak, rutin mencuci tangan pakai sabun atau tinggal di rumah saja kalau tidak ada keperluan mendesak mesti dipatuhi masyarakat.

Kita berharap tak ada lagi orang ke luar rumah tanpa masker. Kita juga berharap hari-hari ke depan ini, tak ada lagi orang berkerumun atau kumpul-kumpul tanpa jaga jarak.

Petugas di lapangan, baik dari unsur Pemda maupun TNI dan Polri, sudah saatnya bertindak lebih tegas terhadap orang-orang yang melanggar aturan PSBB.

Baca juga : Jangan Bawa Virus Ke Jakarta

Sebab, satu atau dua orang saja tidak mentaati protokol kesehatan di jalan, terminal bus atau stasiun KA bisa berpotensi menularkan virus Corona ke orang lain. Apalagi, kalau mereka yang tak peduli Corona jumlahnya ratusan atau ribuan orang, akibatnya bisa fatal. Yaitu, terjadinya serangan Covid-19 gelombang kedua.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.