Dark/Light Mode

Awas, Klaster Nobar!

Selasa, 15 Juni 2021 06:45 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

 Sebelumnya 
Mestinya, pemerintah membeli hak siar. Sehingga, seluruh pertandingan Piala Eropa dan Copa America (yang juga sekarang sedang berlangsung di Brasil) bisa ditonton seluruh rakyat Indonesia. Gratis. Tak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar televisi berbayar. Pemerintah saja yang bayar. Buka seluas-luasnya di seluruh Indonesia. Termasuk di semua TV berbayar.

Kalau banyak warga yang berdiam di depan TV, bisa menjadi semacam “lockdown alami”. Tak perlu melarang warga keluar rumah malam-malam. Cukup belikan hak siar. Penonton akan duduk manis di depan TV sampai ketiduran.

Baca juga : Jangan Ada Nada Sumbang

Jangan ada acara nobar atau nonton bareng yang bisa memicu melonjaknya Covid-19. Larang. Awasi. Sebisa mungkin hindari dan cegah “klaster nobar”. Apalagi sekarang ada peningkatan kasus pasca mudik dan libur lebaran.

Karena itu, pengawasannya perlu diperketat. Apalagi menjelang semifinal atau final. Rambu-rambunya harus jelas dan detil. Penegakan hukumnya tegas.

Baca juga : Korea, Saus Dan Rendang

Saat menonton, kita juga tak harus memilih: menyanyikan lagu kebangsaan atau terhindar dari Covid-19. Pilihan itu cukup di Wales saja. Tidak di Indonesia.

Kita hanya cukup menjadi penonton. Penonton yang sehat. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.