Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ekonomi Penting, Trust `Puenting`

Kamis, 8 Juli 2021 07:00 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

RM.id  Rakyat Merdeka - 20 tenaga kerja asal China yang mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin, bikin heboh. Anggota Fraksi PPP, Gerindra, PAN dan Demokrat mengkritik. Pimpinan MPR juga menyorot isu ini. Tapi, kata Pak Luhut, tidak ada masalah.

Okelah. Ini lebih ke soal timing. Juga “rasa”.

Baca juga : Oksigen Bagi Yang Tak Mampu

Ibaratnya begini: di saat orangtua dalam kondisi sakit parah, tiba-tiba ada anaknya yang sibuk bicara modifikasi mobil, lalu setel musik kencang-kencang, atau ribut minta dibangunkan vila. Ini hanya contoh.

Apakah bicara modif mobil, setel musik, atau bangun vila tidak boleh? Boleh. Tidak dilarang. Apalagi menggunakan uangnya sendiri. Tapi kalau sedang menghadapi orangtua yang sakit keras, antara hidup dan mati, rasanya kurang pas. Kurang etis. Tidak empatik. Kesehatan dan keselamatan orangtua jauh lebih penting.

Baca juga : "Paket Khusus Isoman"

Soal “rasa” itu pulalah yang muncul kemarin, ketika seorang politisi PAN meminta dibuatkan rumah sakit khusus pejabat. Atau, Senin (28/6) lalu Wapres mengajak “ayo berwisata”. Atau, awal pekan ini ada webinar tentang Ibu Kota Baru. Kabarnya, tema webinar akhirnya diganti. Ini langkah empatik.

Apakah wisata tidak boleh? Boleh. Bisa menggerakkan ekonomi. Apakah bicara ibu kota baru dilarang? Tidak dilarang. Hanya saja, itu tadi: Rasa. Timing. Empati.

Baca juga : Menanti Hasil Jurus Pamungkas

Semangatnya bagus, menggairahkan ekonomi. Tapi, perlu juga melihat situasi dan kondisinya. Lihat timing-nya. Perlu menyelami “RASA” di lubuk hati rakyat yang sedang berjuang keras menghadapi dan melawan Covid-19 dengan segala dampak dan variannya. Bahkan bertaruh nyawa. Dalam kondisi yang sangat dramatis dan tragis.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.