Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Fenomena ABW

Rabu, 8 September 2021 07:08 WIB
BUDI RAHMAN HAKIM
BUDI RAHMAN HAKIM

RM.id  Rakyat Merdeka - Nama Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, terus bertengger di puncak survei calon presiden mendatang. Perhelatan politik nasional pun memanas. Semua mesin partai dengan jaringan pendukungnya sudah ikut memanas. Bentuk paling konkret dari kontestasi politik di pentas nasional adalah bermunculan dan beredarnya nama-nama pesaing capres.

Baca juga : Terorisme Di Papua

Sudah mulai heboh nama-nama. Selain figur lama Prabowo Subianto, juga ada nama-nama baru yang secara survei layak diperhitungkan. Tapi entahlah, siapa yang tahu, akan banyak kejutan.

Baca juga : OTT Koruptor Daerah

Nama Prabowo sepertinya sudah stagnan. Popularitasnya sudah sangat tinggi. Namun, tingkat kesukaan dan keterpilihan cenderung tidak naik-naik. Ini artinya, bila dipaksakan tarung dengan nama-nama baru, termasuk ABW, maka yang akan keluar menjadi pemenang bisa figur baru. Dengan ungkapan lain, bila Prabowo maju lagi, sama artinya dengan memperpanjang record kalah.

Baca juga : Leader Banyak Hater

Oleh karena itu, nama-nama baru yang lebih fresh, meski popularitasnya masih rendah, memiliki harapan serta kesempatan untuk hadirnya kuda hitam. Adapun di antara nama-nama yang muncul dan telah masuk ke dalam radar pemimpin nasional terkuat di antaranya adalah ABW, di samping nama-nama lainnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.