Dark/Light Mode

Djokovic Ditahan 8 Jam Di Bandara

Australia-Serbia Memanas

Jumat, 7 Januari 2022 06:26 WIB
Novak Djokovic ditolak masuk ke Australia. (Foto: Getty Images/Clive Brunskill)
Novak Djokovic ditolak masuk ke Australia. (Foto: Getty Images/Clive Brunskill)

 Sebelumnya 
Senada dengan itu, Menteri Olahraga Australia, Jaala Pulford menyatakan, pihaknya tidak akan memberikan bantuan ke Djokovic jika dokumen sang petenis bermasalah.

“Sikap kami selalu jelas kepada dua poin: persetujuan visa adalah tanggung jawab pemerintah federal dan pengecualian medis adalah ranah dokter. Kami tidak akan memberi bantuan kepada Djokovic jika dia ingin mengajukan visa individu untuk berpartisipasi di Australia Open 2022,” terang Pulford.

Sementara, ayah Novak Djokovic, Srdjan Djokovic geram anaknya ditahan di sebuah ruangan yang dijaga polisi di bandara Melbourne.

Baca juga : Trio Beken Absen, Australia Terbuka Terasa Hambar

“Saya tidak tahu apa yang terjadi, mereka menahan anak saya selama lima jam. Ini bukan pertarungan untuk dunia libertarian, ini bukan hanya pertarungan untuk Novak, tapi pertarungan untuk seluruh dunia! Jika mereka tidak membiarkannya pergi dalam waktu setengah jam, kami akan berkumpul di jalan, ini pertarungan untuk semua orang,” katanya dikutip dari Daily Mail.

Gara-gara kejadian yang menimpa Djokovic ini, Presiden Serbia Aleksandar Vucic dikabarkan sampai memanggil Duta Besar Australia untuk Serbia.

“Saya baru saja berbicara dengan Novak Djokovic di telepon. Saya mengatakan kepada Novak bahwa seluruh Serbia bersamanya. Semua pihak berwenang melakukan segalanya agar pelecehan terhadap pemain tenis terbaik di dunia segera diakhiri,” ujarnya.

Baca juga : Novak Djokovic Bakal Awet Jadi Raja Australia Open

Sang Presiden menyatakan, sejalan dengan semua norma hukum internasional, Serbia akan berjuang untuk Novak.

Diketahui, Novak Djokovic datang ke Australian Open 2022 dengan misi untuk mempertahankan gelar juara. Novak Djokovic merupakan kampiun Australia Terbuka edisi 2021, setelah mengalahkan petenis Rusia, Daniil Medvedev, dengan skor 7-5, 6-2, dan 6-2.

Selain itu, Australian Open 2022 sejatinya merupakan peluang emas bagi Djokovic untuk melewati koleksi Grand Slam dua rivalnya, Roger Federer dan Rafael Nadal. [OSP]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.