Dark/Light Mode

Inggris vs Swedia 2-1

Taring Singa Ngejar Rekor

Senin, 28 Maret 2022 07:00 WIB
Harry Kane. (Foto: Reuters).
Harry Kane. (Foto: Reuters).

RM.id  Rakyat Merdeka - Duel persahabatan Inggris versus Swedia di Stadion Wembley, terasa special bagi striker Harry Kane. Pasalnya, sumbangan satu gol yang mengantarkan kemenangan The Three Lions atas Swedia 2-1 menambah koleksi golnya yang ke-49.

GOL penalti Kane pada menit ke-78 menyamai catatan gol Bobby Charlton selama membela Inggris. Selain itu, Kane melewati pencapaian mantan pesepak bola Inggris, Gary Lineker, yang mencatatkan 48 gol sepanjang kariernya bersama Timnas Inggris.

Adapun Kane hanya terpaut empat gol dari rekor yang dicatatkan Wayne Rooney dengan 53 gol bersama Timnas Inggris. Jika Kane berhasil melampaui catatan itu, dirinya akan menjadi pencetak gol terbanyak untuk Three Lions.

Baca juga : Gagal Lilit La Viola, Si Ular Kecewa

Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate menilai hanya masalah waktu sebelum akhirnya Kane menjadi pencetak gol terbanyak Inggris sepanjang masa. Dirinya berharap Kane dapat memecahkan rekor itu pada Final Piala Dunia 2022.

“Saya ingin dia (Kane) memecahkan rekor di final Piala Dunia. Saya pikir dia cukup tenang untuk menghadapi itu. Dia yakin bisa sampai di sana,” tutur Southgate.

Gol ke-49 milik Kane tercipta pada menit ke-78. Maju sebagai algojo penalti, Kane menuntaskan tugasnya dengan sempurna. Sepakan kaki kanan ujung tombak Tottenham Hotspur itu tak mampu diantisipasi kiper Swiss, Jonas Omlin.

Baca juga : Fans Chelsea Kena Semprot

Gareth Southgate memuji Harry Kane sebagai sosok yang tenang dan yakin bisa memenuhi harapannya itu. “Saya pikir dia cukup tenang mengenai hal itu, dia yakin bisa sampai di sana, rekor gol per pertandingannya sangat bagus. Saya tidak tahu perbandingannya dengan Jimmy Greaves, tapi saya membayangkan dia akan menjadi satu-satunya pemain lain yang mendekatinya,” ujar Southgate.

Torehan satu gol juga disumbangkan Luke Shaw. Bek sayap Manchester United (MU) itu menyumbangkan sebiji gol penting usai tertinggal lewat aksi Breel Embolo di menit ke-22. Dia mencetak gol penyeimbang menit ke-45+1, sebelum Harry Kane memastikan kemenangan Inggris di menit ke-78 lewat titik putih.

Pemain berusia 26 tahun itu mengaku senang bisa mencetak gol bagi negaranya. Dia juga memuji pelatih Gareth Southgate yang telah mengubah pola pikir pemain belakang yang kini mulai ikut membantu menyerang.

Baca juga : Diego Simeone Makin Pede

“Sangat menyenangkan bagi saya bisa menambah koleksi gol (untuk Timnas Inggris) walau tidak banyak. Sangat menyenangkan bisa mencetak gol di depan fans. Semoga, akan ada gol lagi,” ujar Luke Shaw yang kini telah menyumbang dua gol bagi negaranya.

Inggris akan tampil di Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar pada 21 November-18 Desember nanti. The Three Lions berambisi meraih gelar untuk kali pertama setelah menyabet trofi ajang tersebut pada 1966. Terakhir, pada 2018 di Rusia, Harry Kane dan rekan-rekannya finis di urutan keempat.  [JON]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.