Dark/Light Mode

Copa America 2019

BraziL Vs Argentina, El Clasico Rasa Latin

Selasa, 2 Juli 2019 13:54 WIB
Para pemain Brazil saat latihan jelang lawan Argentina di semifinal Copa America 2019 pada Rabu (3/7). (Foto : twitter@CBF_Futebol)
Para pemain Brazil saat latihan jelang lawan Argentina di semifinal Copa America 2019 pada Rabu (3/7). (Foto : twitter@CBF_Futebol)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duel klasik dua rival tersaji di babak semifinal Copa America 2019. Tuan rumah Brazil akan melawan Argentina, Rabu (3/7) besok pagi WIB. Siapa yang akan melangkah ke final di Maracan?

Brazil yang bermain di rumah sendiri dan sepanjang turnamen ini menampilkan permainan lebih meyakinkan, pantas diunggulkan. Tajam di depan, tim besutan Tite juga solid di belakang. Brazil, yang gawangnya dikawal Alisson, selalu clean sheet dalam empat pertandingan yang sudah mereka mainkan.

Kiper dari klub Liverpool itu pun punya catatan bagus melawan Lionel Messi, pemain terbaik dari kubu Argentina. Dua musim terakhir, di Liga Champions Eropa, tim-tim yang diperkuat Alisson selalu bisa menyingkirkan Messi dan Barcelona.

Baca juga : Brasil Vs Argentina, Waspada Sihir La Pulga

Berbeda dengan Brazil, Argentina lolos dari fase grup dengan susah payah. Setelah kalah melawan Kolombia dan imbang melawan Paraguay, Argentina memastikan kelolosan mereka dengan kemenangan 2-0 atas tim undangan Qatar. Di perempat final, gol-gol Lautaro Martinez dan Giovani Lo Celso membawa Argentina menang 2-0 atas Venezuela.

Sementara itu, Brazil butuh adu penalti untuk melewati hadangan Paraguay. Brazil memiliki skuat dengan kualitas merata. Philippe Coutinho, Everton Soares, Casemiro, Dani Alves, Roberto Firmino dan Willian sudah menyumbang gol untuk timnya.

Messi baru mencetak satu gol untuk Argentina di Copa America 2019, dan itu pun lewat eksekusi penalti ketika imbang 1-1 melawan Paraguay. Namun kapten Argentina itu tetap dianggap sebagai ancaman terbesar. “Dia adalah pemain terbaik di dunia dan tetap bisa membuat perbedaan,” kata bek sentral Brazil, Thiago Silva.

Baca juga : Guinea-Bissau Vs Ghana, Menang atau Tersingkir

“Kami harus fokus kepadanya, terutama ketika dia menguasai bola, juga saat dia tanpa bola. Dia kadang terlihat cuma berjalan di pertandingan, tapi dia selalu mencari celah untuk melancarkan serangan balik. Sebuah kehormatan bisa menghadapi dia sekali lagi, dan kami akan berusaha menghentikannya.”

Messi harus dihentikan. Jika Brazil mampu melakukannya, jalan ke final bakal terbuka. Jika gagal, maka mereka yang notabene lebih diunggulkan bisa saja berada dalam bahaya. Striker timnas Argentina, Sergio Aguero menegaskan timnya bakal habis-habisan meladeni Brasil di semifinal Copa America 2019. "Kami akan melakukan yang terbaik seperti yang telah selama ini kami lakukan. Bermain untuk jersey ini,” ujar Aguero.

Duel Argentina vs Brazil boleh jadi duel yang paling dinanti di setiap gelaran Copa America 2019. Maklum, kedua tim merupakan raksasa di sepak bola dunia. Brazil telah menjuarai lima Piala Dunia, sementara Argentina dua kali. Di Copa America, Brazil mengoleksi delapan trofi, sementara Argentina 14 kali.

Baca juga : Kamerun Vs Ghana Main Kaca Mata

Rentetan prestasi itu membuat mereka disegani baik di Amerika Latin maupun dunia. Duel Rabu nanti pun diprediksi akan berlangsung seru. “Argentina-Brazil tidak di mainkan setiap hari, terutama di turnamen seperti ini. Pertandingan ini menimbulkan banyak harapan, tidak hanya di negara kami tetapi di dunia,” ujar Aguero. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.