Dark/Light Mode

Agum Gumelar Cup XI/2018 Pertemukan Tim Siwo VS Tim PASKI-Man

Selasa, 18 Desember 2018 18:01 WIB
Agum Gumelar tengah didampingi Judika ( kiri) dan H.Tubagus Adhi ( kanan) sedang melakukan undian, Selasa (18/12). (Foto: Istimewa)
Agum Gumelar tengah didampingi Judika ( kiri) dan H.Tubagus Adhi ( kanan) sedang melakukan undian, Selasa (18/12). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
IFA adalah nama baru dari PSSI Old Star, himpunan dari mantan-mantan pemain timnas. Legenda timnas Indonesia disyaratkan berusia 50 tahun ke atas, namun mereka masih diberikan kompensasi diperkuat tiga pemain dari usia 45-50 tahun, kecuali kiper Mukti Ali Raja yang baru berusia 38 tahun.

Baca juga : Jose Mourinho Resmi Dipecat

 "Kami kesulitan kiper. Semua mantan kiper nasional tengah sibuk menangani klub-klubnya di berbagai daerah, termasuk kiper Hermansyah yang jadi andalan kami pada turnamen Agum Cup X/2016," papar David Sulaksmono, ketua IFA.
Beberapa usulan IFA disetujui oleh Agum Gumelar dan disepakati oleh tim peserta lainnya. Misalnya, jumlah pemain menjadi 25, bukan 20 seperti sebelumnya. "Materi pemain IFA mayoritas sudah berusia 60 tahun ke atas, jadi dengan lebih dari 20 pemain semua bisa mendapat kesempatan," kata David, yang pada kesempatan itu juga mengumumkan akan bergabungnya Ketua Harian PSSI, Joko Driyono dalam tim mereka.

Baca juga : Apa Iya PSSI Lindungi Mafia Judi?

"Pak Joko Driyono sudah oke akan  bergabung bersama kami, sebab IFA adalah bagian dari PSSI," ujar mantan pemain klub Jayakarta itu. Durasi pertandingan juga disepakati ditambah, dari semula 2 x 25 menit menjadi 2 x 30 menit. Pergantian pemain bebas, tetapi yang sudah bermain tak boleh lagi masuk ke lapangan.  Pada Agum Cup X/2016 yang digelar di SUGBK Senayan, IFA yang kala itu masih bernama PSSI Old Star menjadi juara bersama dengan tim PASKI-Man setelah keduanya terus mencatat skor imbang dari adu penalti yang dilakukan hingga belasan tendangan dan harus dihentikan karena cuaca suidah gelap. 

Baca juga : Askot PSSI Jakarta Timur Sukses Adakan Piala Menpora U-10 dan U-12

Agum Cup XI/2018 memberikan hadiah terbesar untuk turnamen atau invitasi sepak bola sekelasnya. Total hadiah yang diberikan adalah Rp105 juta. Rinciannya, Rp40 juta untuk juara, Rp30 juta bagi runner-up, serta masing-masing Rp15 juta untuk dua tim yang kalah di pertandingan pertama. Hadiah bagi runner-up semula Rp25 juta, namun Agum Gumelar menaikkannya menjadi Rp30 juta. "Untuk pencetak gol terbanyak dan pemain terfavorit masing-masing Rp2,5 juta," ujar mantan Menteri Perhubungan dan Menko Politik dan Keamanan. Invitasi Sepak bola Agum Gumelar Cup XI/2018 terselenggara dengan dukungan beberapa sponsor, disamping beberapa sahabat baik Agum Gumelar, juga PSSI dan vendor katering Nendia Primarasa yang menyediakan buffet makan siang dan coffe-breakuntuk seluruh peserta. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.