Dark/Light Mode

Dianggap Langgar Aturan Fair Play

Tebas: Cabut Kontrak Mbappe!

Minggu, 19 Juni 2022 07:00 WIB
Javier Tebas. (Foto: Getty Images).
Javier Tebas. (Foto: Getty Images).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kontrak fantastis diberikan Paris Saint-Germain (PSG) untuk Kylian Mbappe memicu kemarahan liga kompetisi teratas di Spanyol, La Liga. Presiden La Liga, Javier Tebas menilai, PSG telah melanggar aturan Financial Fair Play (FFP) dan meminta kontrak Mbappe di PSG dicabut.

Pihak La Liga telah resmi mengajukan komplain kepada UEFA dan otoritas administrasi dan fiskal Prancis terkait kontrak Mbappe.

La Liga juga melaporkan masalah ini ke Kementerian Olahraga Prancis dan meminta kontrak Mbappe di PSG dicabut.

Baca juga : DPR Minta Masyarakat Waspada Di Keramaian

Kuasa hukum La Liga, Juan Branco meragukan kontrak Mbappe sesuai parameter ekonomi dan aturan FFP yang ditetapkan UEFA. “Kami meminta agar persetujuan kontrak Mbappe dicabut Menteri Olahraga, karena dia adalah otoritas pengawas olahraga,” kata Branco dalam jumpa pers di Swiss, seperti dilansir dari AS, kemarin.

“Selanjutnya, kami akan mengajukan banding ke LFP (otoritas Liga Prancis), yang bertindak melalui komisi hukum DNCG (badan kontrol rekening keuangan klub-klub Prancis), untuk memulai laporan yang memantau akun PSG,” sambungnya.

“Kami akan melihat sedikit demi sedikit apa kapasitas pendirian sepak bola profesional Prancis dan juga otoritas administratif untuk banding dan permintaan kami. Kami akan meningkatkan tekanan seiring berjalannya waktu,” demikian kata eks pengacara pendiri Wikileaks, Julian Assange itu.

Baca juga : Di Tengah Lebaran, Warga Kampung Melayu Kebanjiran

Sebelumnya, Les Parisiens diketahui, memberi kontrak anyar berdurasi tiga tahun kepada Kylian Mbappe. Nilainya kontraknya 300 juta euro atau Rp 4,6 triliun. Mbappe juga bakal menerima gaji bersih 100 juta euro (Rp 1,54 triliun) per tahun.

Kontrak baru ini sekaligus memupuskan harapan Real Madrid mendapatkan pemain yang pernah membantu Timnas Prancis merah trofi juara dunia 2018 itu. Tawaran kontrak yang disodorkan El Real ditolak mentah-mentah.

Mbappe lebih tertarik memperpanjang kontrak berdurasi tiga tahun yang ditawarkan Les Parisiens. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.