Dark/Light Mode

Iwan Bule Ngebet Dongkrak Rangking FIFA Timnas

Minggu, 26 Juni 2022 09:13 WIB
Timnas senior Indonesia. (Foto :Ist)
Timnas senior Indonesia. (Foto :Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan senang dengan meroketnya peringkat Timnas Indonesia di ranking FIFA.

Menurut Iwan Bule, sapaan akrab Mochamad Iriawan, pihaknya akan berusaha mencari lawan berkualitas agar Timnas Garuda bisa menembus peringkat 150 besar.

Timnas Indonesia mengalami pe­rubahan peringkat signifikan pada ranking terbaru FIFA, yakni 155. Pasukan Shin Taeyong naik empat peringkat dari posisi sebelumnya 159 pada Maret 2022.

Baca juga : Iwan Bule Pede Timnas Juara Piala AFF U-19

Untuk mendapatkan poin maksimal demi menembus peringkat 150, Timnas Indonesia bakal selektif memilih lawan tanding di FIFA Matchday. Iwan Bule mengaku, akan menugaskan Direktur Teknik Indra Sjafri untuk mencarikan lawan berkualitas.

“Sesuai dengan Kongres, target saya (ranking) 150 dunia. Mudah-mudahan bisa. Kami belum menentukan lawan siapa. Saya minta kepada Direktur Teknik agar peringkat lawannya harus bagus, sehingga poinnya lebih tinggi,” kata mantan Kapolda Metrojaya ini, kemarin.

FIFA Matchday selanjutnya bakal digelar September 2022. Iwan Bule belum menentukan venue tempat Timnas Indonesia akan menjamu lawan pada FIFA Matchday. Timnas diprediksi tak akan bisa bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dalam waktu dekat.

Baca juga : Conor McGregor Ngebet Naik Ring

Stadion kebanggaan masyarakat Indonesia itu sedang menjalani proses renovasi. “Tempat akan kami lihat dulu, Sepertinya mainnya di Indonesia mungkin bisa di Solo, mungkin bisa Jakarta International Stadium,” ucap Iriawan.

Pelatih Shin Tae-yong bersemangat dengan rencana PSSI mencarikan lawan Timnas Indonesia berkualitas.

Menurut Shin Tae-yong, lawan yang ingin dihadapi saat ini masih dalam tahap diskusi. Timnas Indonesia diharapkan bisa mendapatkan lawan dari negara berada di peringkat 50- 100 ranking FIFA.

Baca juga : 10 Impian untuk Kebangkitan Indonesia

Tujuannya, bisa menghasilkan poin maksimal saat bertanding. “Memang masih dalam komunikasi dengan PSSI untuk mencari tim peringkat 50-100,” ucap Shin Tae-yong.

Meroketnya peringkat Timnas Indonesia di ranking FIFA terbaru tak terlepas dari penampilan apik saat tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023. Timnas Indonesia sukses meraih enam poin hasil dua kemenangan dan sekali kalah.

Timnas Garuda menang 2-1 dari Kuwait dan menggasak Nepal 7-0. Sementara, Fachruddin Aryanyo dkk hanya kalah tipis 0-1 dari Yordania. Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 setelah penantian selama 15 tahun. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.