Dark/Light Mode

Timnas Jepang

Samurai Biru Siap Bersinar

Kamis, 30 Juni 2022 07:00 WIB
Timnas Jepang. (Foto: AFC).
Timnas Jepang. (Foto: AFC).

 Sebelumnya 
Di lini belakang ada Shogo Taniguchi (Kawasaki Frontale), Yuto Nagatomo (FCTokyo), Miki Yamane (Kawasaki Frontale), Sho Sasaki (Sanfrecce Hiroshima), dan Shinnosuke Nakatani (Nagoya Grampus). Selain itu, ada satu penyerang, Ayase Ueda (Kashima Antlers).

Tak hanya itu, pada skuad Samurai Biru ini juga diperkuat mantan pemain J-League. Kaoru Mitoma menjadi pahlawan Jepang saat melawan Australia dengan mencetak dua gol kemenangan merupakan produk asli Kawasaki Frontale.

Dia kini dimiliki tim Liga Inggris, Brighton and Hove Albion dan sedang dipinjamkan ke tim Belgia, Royale Union SG.

Baca juga : Banteng Senayan Mulai Berani Nyebut Ganjar

Pemain sayap berusia 24 tahun itu mengawali karier di Kawasaki Frontale pada 2018 sebelum hijrah ke Inggris pada musim panas 2021.

Sebelumnya, dia membawa Kawasaki Frontale juara Meiji Yasuda J1 League 2020 dan masuk dalam tim terbaik Liga Jepang musim itu.

Tak hanya Mitoma, nama-nama besar seperti Takumi Minamino, Eiji Kawashima, Maya Yoshida, Gaku Shibasaki, Genki Haraguchi, Junya Ito, hingga Takuma Asano yang kini jadi andalan Jepang, juga pernah merasakan persaingan di J-League.

Baca juga : Tarik Investor Jepang, Menperin Perkuat Industri Hilir Minyak Atsiri 

Jepang mendapatkan tiket ke Piala Dunia 2022 Qatar setelah menduduki posisi dua klasemen babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup B zona Asia. Untuk posisi puncak ada Arab Saudi.

“Kecemerlangan Timnas Jepang masuk Piala Dunia 2022 ini juga sejalan dengan muncul dan berkembangnya J-League yang kali pertama digelar pada 1993,” tulis J-League.

Bagi Jepang, lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar merupakan ajang ketujuh bagi mereka. Timnas Jepang kali pertama lolos Piala Dunia pada edisi 1998 dan tidak pernah absen sejak saat itu.

Baca juga : Telkom Sumbang Laptop & Orbit Ke Sekolah Tertinggal

Timnas Jepang sudah memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar. Selain tuan rumah Qatar, Jepang bersama dengan Korea Selatan dan Arab Saudi menjadi wakil Asia untuk tampil dalam turnamen sepak bola empat tahunan tersebut. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.