Dark/Light Mode

Piala Afrika 2019

Mantap, Senegal dan Nigeria Lolos ke Semifinal

Kamis, 11 Juli 2019 06:30 WIB
Selebrasi pemain Senegal usai gelandang tim nasional Senegal usai Idrissa Gueye,mencetak gol ke gawang Benin dalam laga perempat final Piala Afrika 2019 di Stadion 30 Juni, Kairo, Mesir, Kamis (11/7). (Foto : twitter@newvisionera).
Selebrasi pemain Senegal usai gelandang tim nasional Senegal usai Idrissa Gueye,mencetak gol ke gawang Benin dalam laga perempat final Piala Afrika 2019 di Stadion 30 Juni, Kairo, Mesir, Kamis (11/7). (Foto : twitter@newvisionera).

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Senegal dan Nigeria membuka jalan meraih juara Piala Afrika 2019. Kedunya memastikan lolos ke semifinal turnamen sepakbola sejagat Afrika pada Kamis (11/7) dini hari WIB tadi.

Senegal memastikan langkah ke semifinal seusai menang tipis 1-0 atas Benin dalam laga perempat final di Stadion 30 Juni, Kairo, Mesir. Keberhasilan ini menghilangkan dahaga 13 tahun Senegal tak sampai semifinal.

"Saya sangat senang, terlebih Senegal sudah sekian lama tak mencapai semifinal Piala Afrika," kata gelandang Idrissa Gueye selepas pertandingan dilansir laman resmi turnamen.

Baca juga : Lolos ke Semifinal, Halep Kejar Impian

Gueye jadi pencetak gol semata wayang kemenangan Senegal pada menit ke-69. Dia menyambar bola sodoran Sadio Mane. Mane sempat dua kali menyarangkan bola ke gawang Benin, namun keduanya dianulir oleh VAR yang baru mulai digunakan di Piala Afrika dalam babak perempat final.

"Kami berusaha bersabar pada awal laga dan mengikuti instruksi pelaith. Setelah mencetak gol, kami berusaha menambahnya namun yang terpenting kami tetap lolos," kata Gueye.

Kegembiraan juga dirasakan sang pelatih kepala Aliou Cisse yang menilai keberhasilan mencapai semifinal sebagai wujud Senegal terus bekerja keras.

Baca juga : Tekuk Mali, Pantai Gading Hadapi Aljazair di Perempat Final

"Sejak 2006, Senegal tak pernah mencapai semifinal Piala Afrika, (ini) membuktikan kami bekerja keras untuk jadi yang terbaik," kata Cisse.

Senegal menanti pemenang antara laga perempat final lain antara Madagaskar kontra Tunisia yang bakal berlangsung pada Jumat (12/7) dini hari WIB. 

Senegal akan memainkan laga semifinal mereka di Stadion 30 Juni pada Minggu (14/7) malam hingga Senin (15/7) dini hari WIB.

Baca juga : Salah : Insya Allah Kami Belajar dari Kesalahan

Sementara Tim nasional Nigeria membukukan kemenangan dramatis atas Afrika Selatan dengan skor 2-1 dalam laga perempat final Piala Afrika 2019 di Stadion Internasional Kairo, Mesir, untuk mencapai babak semifinal.

Hasil itu mengantarkan Nigeria ke semifinal, menunggu pemenang laga perempat final lain antara Pantai Gading kontra Aljazair. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.