Dark/Light Mode

Timnas Belanda

De Oranje Pede Akhiri Kutukan

Selasa, 5 Juli 2022 07:00 WIB
Timnas Belanda. (Foto: Reuters).
Timnas Belanda. (Foto: Reuters).

 Sebelumnya 
Pelatih 70 tahun ini ditunjuk menggantikan Frank de Boer, yang meninggalkan posisinya menyusul hasil mengecewakan di Euro 2020, pada 4 Agustus 2021.

Sejatinya, ini periode ketiga Van Gaal mengarsiteki Timnas Belanda. Dia pertama kali melatih De Oranje pada 2000, yang hanya bertahan selama satu tahun.

Dari susunan pemain, Belanda besar kemungkinan akan mengandalkan Memphis Depay di Piala Dunia 2022. Pemain Barcelona ini telah mengoleksi 80 caps dan mengemas 42 gol dalam prosesnya.

Baca juga : Der Panzer Bikin Panas Di Awal

Sukses Belanda lolos ke Qatar juga tak lepas dari peran penting Depay di lini depan.

Dia membukukan 12 gol dari total 33 yang dilesakkan Belanda pada babak kualifikasi zona Eropa. Dengan jumlah tersebut, Depay menjadi top skor Grup G, mengungguli Erling Haaland, yang mengepak lima gol untuk Norwegia.

Pengalaman Memphis Depay bermain di klub elite Eropa, termasuk Manchester United dan Lyon, sebelumnya juga diramalkan akan membantu Belanda menundukkan lawan-lawannya di Piala Dunia 2022.

Baca juga : Begini Cara Beli Migor Murah Pake PeduliLindungi Dan NIK

Belanda tiga kali mencapai final Piala Dunia, namun tiga kali pula mereka kalah di laga penentuan, yaitu pada 1974, 1978, dan 2010.

Louis van Gaal mengatakan, dirinya merupakan bagian dari komisi dalam Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) yang bertemu setiap bulan untuk mengevaluasi situasi hak asasi manusia di Qatar.

KNVB adalah salah satu dari sedikit asosiasi nasional yang berbicara tentang kondisi kerja di Qatar.

Baca juga : Menanti Sentuhan Lewandowski

Dalam sebuah pernyataan tahun lalu, setelah kunjungan ke negara itu, KNVB secara terang-terangan mengatakan tidak setuju gelaran Piala Dunia 2022 Qatar.

“KNVB tidak pernah mendukung penyelenggaraan Piala Dunia di Qatar, dan tentu saja tidak menyetujui cara pekerja migran diperlakukan di sana,” tulis keterangan tersebut. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.