Dark/Light Mode

HUT Ke-60, TVRI Gelar Pertunjukan Seni Budaya dan Pekan Olahraga

Minggu, 21 Agustus 2022 14:13 WIB
(Kika) Direktur Umum Meggy Theresia Rares, Direktur Program dan Berita TVRI, Irianto, Direktur Keuangan, Tellman Wienfrieds Roringpandey, Direktur Teknik Supriyono, (Foto : ist)
(Kika) Direktur Umum Meggy Theresia Rares, Direktur Program dan Berita TVRI, Irianto, Direktur Keuangan, Tellman Wienfrieds Roringpandey, Direktur Teknik Supriyono, (Foto : ist)

 Sebelumnya 
Konsisten berpegang pada jati dirinya, TVRI terus memberikan layanan kepada masyarakat dengan tayangan pendidikan, hiburan yang sehat, serta sebagai perekat sosial dan melestarikan budaya bangsa untuk kepentingan seluruh lapisan masyarakat, sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah no. 13 tahun 2005 tentang LPP TVRI.

Terus maju dan berkemajuan dengan teknologi, transformasi teknologi terus dilaksanakan untuk mendukung kesiapan menghadapi digitalisasi. TVRI mempunyai 139 transmisi digital yang tersebar di seluruh indonesia dengan cakupan jangkauan sebesar 70 persen dengan total 379 kabupaten dan kota terjangkau dengan siaran TVRI.

Seiring dengan kesiapan menuju era digital, TVRI teguh meneruskan cita-cita para pendiri bangsa untuk membangun citra Indonesia, dihormati keberadaannya dalam kancah internasional. TVRI terus mempersiapkan diri untuk menuju lembaga penyiaran kelas dunia, dengan salah satunya menghadirkan kanal khusus berbahasa Inggris, TVRI World.

Baca juga : HUT Ke-51, Kimia Farma Sinergikan CSR Di Jakarta, Baduy Hingga Blitar

“Mengejar majunya kanal-kanal televisi luar negeri yang bersiaran secara internasional untuk memberitakan dan mempromosikan kebudayaan dari negara masing-masing kepada dunia internasional, TVRI World memainkan perannya sebagai jendela Indonesia di dunia. Menyajikan berita-berita terkini serta beragam program yang dapat mempromosikan Indonesia kepada pemirsa luar negeri serta dapat menarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia dengan tayangan pariwisata, seni dan budaya,” imbuhnya.

Dengan cakupan hingga seluruh pelosok negeri, TVRI menjaga konektivitas wilayah serta merawat kebhinekaan dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Rote serta menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“TVRI berkomitmen menuntaskan pendirian Stasiun Penyiaran Daerah di seluruh ibukota Provinsi di Indonesia, terutama di wilayah perbatasan dan luar untuk mewujudkan konektivitas wilayah di seluruh Indonesia,” lanjutnya.

Baca juga : HUT Ke-77 RI, Puan Ajak Seluruh Anak Bangsa Bangun Kekuatan Nasional

Menjunjung tanggung jawab sebagai Media Pemersatu Bangsa, TVRI memiliki komitmen untuk menjadi penyeimbang di tengah banyaknya sumber informasi yang ada, menjernihkan kekeruhan akibat penyebaran berita hoax yang berpotensi mengakibatkan perpecahan bangsa. Hal ini diakui dalam Digital News Report 2021 yang merupakan hasil penelitian Reuters Institute dari Oxford University, yang menunjukkan bahwa TVRI memperoleh posisi tiga besar dalam tingkat kepercayaan publik.

Kewajiban TVRI untuk mencerdaskan bangsa, diwujudkan pula, salah satunya dengan ketekunan dalam menciptakan kreasi acara-acara edukatif dan menghibur untuk anak-anak. Penghargaan yang diberikan oleh Komisi Penyiaran indonesia (KPI) lewat ajang Anugerah Penyiaran Ramah Anak bukan pertama bagi TVRI. Untuk tahun 2022 ini, TVRI meraih penghargaan sebagai Televisi Peduli Pendidikan Anak Indonesia.

Penghargaan yang diterima LPP TVRI tersebut menunjukkan adanya kepercayaan yang diberikan oleh publik serta para pemangku kepentingan. Hal ini diperkuat dengan adanya pemberian hibah-hibah lahan dari sejumlah pemerintah provinsi, seperti hibah lahan seluas dua hektar dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau pada November 2021 di pulau Dompak, Tanjung Pinang, untuk pembangunan TVRI Stasiun Kepulauan Riau sebagai daya dukung bagi Pemprov Kepulauan Riau untuk menjangkau masyarakat yang tersebar di berbagai pulau. Pada Juni 2022 lalu, pemerintah Kabupaten Pesisir Barat Lampung juga menghibahkan tanah seluas 2 hektar di Krui untuk satuan transmisi TVRI Stasiun Lampung.

Baca juga : HUT RI ke-77, Wapres Ajak Masyarakat Kobarkan Semangat Bangun Tanah Air

Untuk pembangunan TVRI Stasiun Banten, LPP TVRI di awal Agustus 2022 ini baru menerima hibah lahan seluas 2 hektar dari Pemerintah Provinsi Banten di daerah Walantaka Kota Serang. Juga akan ada hibah lahan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara serta Pemerintah Provinsi Maluku Utara.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.