Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Laga Pramusim

The City Diledek Media Tiongkok

Rabu, 24 Juli 2019 06:07 WIB
Pep Guardiola dan para pemain Manchester City. (Foto : istimewa)
Pep Guardiola dan para pemain Manchester City. (Foto : istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Manchester City akan bertanding melawan Kitchee di Hong Kong Stadium pada 24 Juli 2019. Tetapi menjelang laga, City dituding media terkemuka di Tiongkok, Xinhua, hanya pergi ke Hong Kong karena alasan uang.

Artikel yang dibuat Xinhua berjudul ‘Cinta Penggemar Tiongkok untuk City, tidak dibalas di rumah sendiri’ menyebutkan Pep Guardiola dan anak asuhnya tidak menghormati penggemar Tiongkok dengan baik.

Baca juga : Juventus Vs Spurs, Modal Musim Depan

Dalam ulasannya, Xinhua melabeli juara Liga Primer Inggris itu tidak sopan dan arogan karena tidak bisa bersikap seperti tiga tim Inggris lain yaitu Wolverhampton Wanderers, West Ham United, hingga Newcastle United.

“Sementara klub lain di sini mengejar hati dan pikiran untuk penduduk setempat, namun mengekstraksi uang dari kantong penggemar tampaknya menjadi satu-satunya tujuan yang konsisten untuk City di Tiongkok,” tulis Xinhua dikutip dari Mirror.

Baca juga : Bale Dicemooh Madridista

Pemberitaan ini dinilai memalukan bagi pemilik City, Sheikh Mansour. Ia diketahui telah menjual 13 persen saham klub ke Chinese Media Capital senilai 265 juta pounds pada Desember 2015. Presiden Tiongkok, Xi Jinping juga diketahui turut andil memulskan kesepakatan itu dengan lebih dulu berkunjung ke Etihad Campus dua bulan sebelum kunjungan kenegaraan ke Inggris.

Sebelumnya, The Citizens dibuat frustrasi ketika penerbangan yang membawa 26 pemain ke Shanghai harus dibatalkan dua kali karena masalah administrasi dari agen perjalanan yang mengurusi penerbangan tersebut.

Baca juga : Erdogan Ditekuk Jinping

Artikel yang diterbitkan di Xinhua sendiri dimuat setelah para punggawa Man City menolak berbicara kepada penggemar setelah mengalahkan West Ham 4-1 dalam ajang Premier League Asia Trophy 2019 yang digelar di Nanjing, Rabu (17/7).

“Untuk penggemar di sini dan media lokal, itu tidak bicara kepada penggemar terbukti hanya menjadi salah satu contoh di antara banyak rasa tidak hormat yang ditunjukkan oleh Manchester City kepada tuan rumah mereka selama tur mereka di Tiongkok,” tulis Xinhua. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.