Dark/Light Mode

Duel Belanda vs Belgia

Momen Belgia Balas Dendam

Minggu, 25 September 2022 07:00 WIB
Kevin De Bruyne. (Foto: uefa.com).
Kevin De Bruyne. (Foto: uefa.com).

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Belanda dijadwalkan menjamu Timnas Belgia pada laga kelima babak kualifikasi UEFA Nations League A Grup 4 di Johan Cruijff Arena, dini hari nanti. Tentunya, ini kesempatan bagi Kevin De Bruyne dan kawan-kawan untuk balas dendam.

Perlu diketahui, Timnas Belanda hanya butuh menghindar kekalahan dengan skor telak untuk bertahan di posisi puncak klasemen dan lolos ke babak semifinal.

Tapi masalahnya, saat ini, banyak pemain andalan The Orange, julukan Timnas Belanda yang mengalami cedera. Contohnya duo Barcelona Memphis Depay dan Frenkie De Jong yang sempat ditarik saat Belanda menang 2-0 atas Polandia di Stadion Warsawa, Jumat (23/9), dini hari. Keduanya ditarik setelah mengalami cedera paha di tengah jalannya pertandingan.

Baca juga : Puan Beda Kata Dan Data

Surat kabar NBC kemarin melansir, sejauh ini belum ada kabar soal keduanya bakal tampil melawan Belgia.

Tapi, Belanda tampaknya tidak akan memaksakan keduanya bermain. Sebab, selain dalam rangka persiapan Piala Dunia 2022 Qatar, Belanda sudah dipastikan lolos ke babak semifinal. Mereka hanya butuh hasil imbang atau minimal menghindari kekalahan dengan skor telak agar bisa lolos sebagai juara grup.

Keberhasilan Belanda memuncaki klasemen ini tak lepas dari kemenangan atas Polandia lewat gol kemasan Cody Gakpo pada menit 13, dan Steven Bergwijn di menit 60.

Baca juga : Hasil UEFA Nations League: Prancis, Belanda Dan Belgia Cemerlang

Kemenangan itu membuat tim asuhan Louis Van Gaal mengoleksi 13 poin, atau unggul tiga angka dari runner-up Belgia dari lima laga yang telah dimainkan.

Meski Kevin de Bruyne dkk di laga nanti dapat memetik kemenangan, hal itu sudah tidak mungkin menggeser posisi Belanda dari puncak. Kecuali Belgia bisa mengejar ketertinggalan head to head dari Belanda dengan meraih kemenangan minimal dengan skor 4-0.

Tapi, bila melihat catatan rekor pertemuan kedua tim, hal itu akan sulit diwujudkan. Sebab, dari catatan rekor panjang itu, Timnas Belanda masih memiliki keunggulan dengan mencetak 56 kali kemenangan. Sedangkan Timnas Belgia menang 41 kali, dan 31 pertemuan berakhir imbang. Tapi, biar bagaimanapun, Belgia masih tetap memiliki peluang untuk menang. Apalagi Belanda sedang mengalami krisis gelandang karena trio lini tengah Teun Koopmeiners, Steven Berghuis dan Frenkie De Jong mengalami cedera. Begitu juga Memphis Depay yang kemungkinan tidak akan turun melawan Belgia.

Baca juga : Blaugrana Bangkit Dari Kesedihan

Sedangkan Timnas Belgia tidak punya masalah cedera, selain duo striker Romelu Lukaku dan Divock Origi. Hal ini tentu saja bagus bagi mereka untuk memetik kemenangan sekaligus membalaskan kekalahan mereka di pertemuan sebelumnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.