Dewan Pers

Dark/Light Mode

Piala Dunia 2022

Maroko 2-0 Belgia, Tendangan Bola Mati Bikin Keki

Senin, 28 November 2022 06:26 WIB
Selebrasi  Abdelhamid Sabiri usai mencetak gol dari bola mati. (Foto : Skysport)
Selebrasi Abdelhamid Sabiri usai mencetak gol dari bola mati. (Foto : Skysport)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Maroko bikin kejutan di pentas Piala Dunia dengan mengalahkan peringkat kedua FIFA, Belgia dengan skor 2-0 pada pertandingan Grup F Piala Dunia 2022 di Stadion Stadion Al Thumama, Al Thumana, Qatar, Minggu (27/11) malam.

Gol Maroko lahir pada menit ke-73 melalui tendangan bebas Abdelhamid Sabiri serta sepakan terukur dari Zakaria Aboukhlal menit 90+2.

Berkat kemenangan itu, Maroko menduduki peringkat pertama klasemen sementara Grup F Piala Dunia 2022 dengan torehan 4 poin dari dua laga, sedangkan Belgia tertahan di posisi kedua dengan raihan tiga poin.

Berita Terkait : Jerman-Spanyol Imbang, Begini Skenarionya Menuju 16 Besar

Belgia mendominasi 67 persen penguasaan bola dan melepaskan 10 tendangan yang tiga di antaranya tepat sasaran. 

Meski kalah dalam urusan penguasaan bola, Maroko mampu tampil efektif setelah melepaskan 10 tendangan yang empat tepat sasaran dan dua lainnya berbuah menjadi gol.

"Ini hasil yang sulit. Gol pertama sangat mempengaruhi hasil. Ini adalah bola mati, kami tidak bisa menjalankan permainan kami dan ini adalah permainan yang perlu kami pahami,' kata pelatih Belgia, Roberto Martinez dilansir Skysport, Senin (28/11).

Berita Terkait : Korea Selatan Vs Ghana, Taeguk Warriors Jangan Anggap Remeh Lawan

Martinez menjelaskan salah satu sebab anak asuhnya kalah karena tendangan bola mati yang terkadang bisa mengubah permianan.

 “Kami memiliki momen-momen bagus tetapi tidak bisa mendapatkan peluang yang jelas, kami memiliki beberapa peluang, dan jika Anda membiarkan gol kebobolan, itu mengubah permainan secara radikal," jelas Martinez

"Saat itulah kami kehilangan ketenangan, dan tidak bisa mendapatkan diri kami di sepertiga akhir dengan lebih banyak pemikiran. Permainan menjauh dari kami setelah kebobolan gol," tutupnya.

Berita Terkait : Belgia Vs Maroko, Andalkan Lukaku Demi Kubur Masa Lalu

Belgia harus memang lawan Kroasia agar bisa lolos 16 besar. Maroko masih akan berjuang melawan Kanada yang sudah dipastikan tersingkir.