Dark/Light Mode

Laga Persija Vs PSS Sleman Dihentikan Karena Hujan Deras

Pengamat: Momentum Pembenahan Total Stadion Di Indonesia

Sabtu, 24 Desember 2022 15:10 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
"Ini penting untuk dicermati. Saya berharap pemerintah bisa mengaudit dan memperbaiki stadion-stadion di Indonesia, jika perlu membangun yang baru. Tentu harus sesuai dengan standar AFC dan FIFA," imbuhnya.

Banyaknya persoalan dalam sepak bola ini, menurutnya, mengharuskan adanya gerakan revolusi sepak bola Indonesia yang diawali dari revolusi di tubuh PSSI.

Baca juga : Megawati: Hari Ibu Momentum Gelorakan Semangat Juang Perempuan Indonesia

"Seruan revolusi ini jangan seolah milik klub dan suporter, tapi seluruh lapisan sosial masyarakat yang ada di desa maupun kota. Revolusi ini milik mereka yang ingin sepak bola Indonesia maju dan bisa menampilkan hiburan bagi rakyat. Bukan malah menebar ketakutan," ungkapnya.

Sebab itu, kata Amsori, untuk urusan sepak bola baiknya diserahkan kepada orang yang benar-benar paham soal manajemen sepak bola, agar ke depan kerancuan seperti ini tidak terulang lagi di sepak bola Indonesia. 

Baca juga : Kolaborasi Seluruh Pemangku Kepentingan, Kunci Sukses Pengembangan Talenta Indonesia

"Saya masih ingat lah, mengutip HR. Bukhari-Muslim, serahkan itu pada ahlinya, kalau itu tidak diserahkan kepada ahlinya maka tunggu kehancuran. Nah saya rasa ini yang terjadi sekarang, kalau kemudian memang bukan bagian dari yang kompeten mengurusi sepak bola, ya janganlah dipaksakan karena kalau dipaksakan ya berarti tinggal menunggu kehancuran,” paparnya.

“Itu sudah jelas kok, siapapun tidak punya kompeten dia paksakan pasti yang ada bukan hasil yang terbaik maka ini akan masuk ke dalam jurang yang lebih hancur,” tandas Amsori. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.