Dark/Light Mode

Hadapi PON 2024, FOBI DKI Maksimalkan Latihan

Kamis, 2 Februari 2023 22:26 WIB
Sekretaris FOBI DKI Jakarta,Taufik (kedua kanan)  di acara Obrolan Prestasi Jakarta (OPJ) KONI DKI Jakarta, Kamis (2/2).
Sekretaris FOBI DKI Jakarta,Taufik (kedua kanan) di acara Obrolan Prestasi Jakarta (OPJ) KONI DKI Jakarta, Kamis (2/2).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sudah teruji di setiap kejuaraan, atlet Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) DKI Jakarta, yang dipimpin Hilda Kusumadewi hakul yakin bisa jadi juara umum di Perhelatan PON XXI Aceh-Sumatera Utara pada tahun 2024 mendatang. 

Keoptimisan itu disampaikan oleh Sekretaris FOBI DKI Jakarta, Taufik di acara Obrolan Prestasi Jakarta (OPJ) dengan tema Barongsai DKI Hoki Di Tahun Kelinci Air di KONI DKI Jakarta, Kamis (2/2).

Baca juga : Mahfud Garansi Pemilu 2024 Tetap Terlaksana

"Di Kejurnas Barongsai Jogjakarta 2022, dari 13 medali yang diperebutkan, kami bisa nyambet 8 emas, satu perak dan satu perunggu. Untuk PON XXI Aceh-Sumut nanti, kami optimis, performa atlet tetap prima dan mampu raih emas di tiga jenis permainan.

Tiga jenis permainan barongsai itu adalah Naga (Wu Long), Barongsai Selatan (Nan Shi) dan Barongsai Utara (Bei Shi). 

Baca juga : 2022, Bank DKI Salurkan KUR Hingga Rp 1,15 Triliun

“Ketiga jenis permainan ini masih dikuasai para atlet kita. Namun kami tak mau takabur mengatakan juara umum, tapi tetap maksimal latihan untuk mendapatkan emas sebanyak mungkin," ujar Taufik yang juga mantan atlet barongsai ini.

Cabang olahraga yang diisi oleh atlet multi etnis ini sangat tekun menggeluti profesi sebagai pemain barongsai.

Baca juga : Hadapi PON 2024, Angkat Besi DKI Gelar Tes Latihan di Ragunan

"Dari 40 atlet saat ini, mayoritas pemainnya di luar etnis Tionghoa. Bahkan ada juga dari TNI yang rata-rata main di barongsai jenis naga. Ini menunjukkan bahwa cabor barongsai merupakan cabor yang diisi oleh atlet multi etnis. Dan itu sudah berlangsung lama. Kekompakan para atlet sangat bagus. Inilah modal kami untuk meraih yang terbaik di PON XXI Aceh-Sumut nanti," papar Taufik.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.