Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Muhadjir Jadi Plt Menpora

Amali Siap Bantu Erick Majukan PSSI & Sukseskan Piala Dunia U-20

Selasa, 14 Maret 2023 08:36 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kiri) bersama Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali. (Foto: Antara)
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kiri) bersama Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Zainudin Amali sudah tidak lagi menjabat sebagai Menpora. Presiden Jokowi sudah menyetujui pengunduran dirinya. Kini, Amali pun fokus membantu Erick Thohir memajukan PSSI dan menyukseskan Piala Dunia U-20. Sedangkan untuk posisi Menpora, Jokowi untuk sementara mengangkat Muhadjir Effendy sebagai Plt.

Amali terpilih sebagai Wakil Ketua Umum PSSI, dalam Kongres Luar Biasa, 16 Februari lalu. Seminggu setelahnya, Amali menyatakan mau mundur dari posisi Menpora. Kemudian, pada 9 Maret, politisi senior Partai Golkar ini resmi menyampaikan surat pengunduran diri kepada Jokowi. Jokowi pun menerima pengunduran diri itu, dan per kemarin Amali tidak lagi menjabat sebagai Menpora.

"Sekitar pukul 10.30 waktu Bali, saya bertemu dengan Bapak Presiden. Saya sudah menyampaikan surat secara tertulis. Kemudian beliau sampaikan sudah menerima itu," ungkap Amali, di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, kemarin.

Kini, Amali pun mau fokus membantu Ketua Umum PSSI Erick Thohir dalam memajukan sepakbola Tanah Air. Apalagi, dalam waktu dekat, Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Baca juga : Menpora Harap Pemkab Bandung Bisa Jalankan MoU Sukseskan Piala Dunia U-20

"Sesuai dengan yang saya sudah sampaikan ke Presiden, saya akan konsentrasi dan fokus mengurus PSSI bersama Pak Erick Thohir dan pengurus semuanya dan secara umum akan konsentrasi mengurus sepakbola," jelasnya.

Amali telah berkemas dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sejak Jumat (10/3). Ruangan yang biasa ia pakai, telah bersih, dan siap dihuni Menpora baru. Ia juga meminta maaf kepada seluruh pihak jika ada yang tidak berkenan selama menjabat sebagai Menpora.

Mengenai penggantinya, Amali menyebut, hal itu adalah kewenangan Jokowi. "Tunggu saja. Tapi, per hari ini (kemarin, red) saya sudah berhenti sebagai Menpora," ucapnya.

Beberapa saat setelah pernyataan Amali itu, Jokowi mengumumkan telah menunjuk Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PKM) Muhadjir Effendy sebagai Plt Menpora. "Sekarang sudah di-Plt-kan, Plt-nya Pak Menko PMK," kata Jokowi, dalam konferensi pers, di Bali, kemarin.

Baca juga : DPR Apresiasi Gerak Cepat Erick Thohir Agar Stadion Piala Dunia U-20 Tak Dicoret FIFA

Jokowi berada di Bali meresmikan penataan Pura Agung Besakih. Kepala Negara menceritakan, pagi hari sebelumnya, Amali menemuinya di Bali untuk berbicara mengenai pengunduran diri. "Menpora tadi pagi sudah bertemu saya, surat pengunduran dirinya sudah disampaikan di Setneg (Sekretariat Negara) dan saya tadi sudah menyetujui," kata Jokowi.

Mengenai pengganti Amali yang definitif, Jokowi masih merahasiakan. "Penggantinya ditunggu saja. Nanti segera kami putuskan," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Di internal Partai Golkar, saat ini sudah muncul empat nama yang berpeluang menduduki kursi Menpora sepeninggal Amali. Empat nama itu adalah Dito Ariotedjo, Putri Komaruddin, Ilham Permana, dan Maman Abdurahman. Keempatnya dinilai layak sebagai suksesor Amali.

Di dunia maya, warganet memuji sikap Amali. "Ini baru jiwa sportif," cuit @cat_men01.

Baca juga : Erick Pastikan, PSSI Dukung Rekomendasi PUPR

Akun @Alie_Fahnoor berharap, fokusnya Amali dalam mengurus PSSI bisa memajukan sepakbola Indonesia. "Kami menunggu aksi Bapak," tulisnya.

Sedangkan akun @3tios16 berharap, sikap Amali tersebut dapat menjadi contoh yang baik. "Semoga menjadi contoh yang baik,” tulisnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.