Dark/Light Mode

Tenis Miami Terbuka 2023

Potapova ‘BantingTulang’ Ke 16 Besar

Senin, 27 Maret 2023 07:00 WIB
Anastasia Potapova. (Foto: Panoramic).
Anastasia Potapova. (Foto: Panoramic).

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil ciamik ditorehkan petenis cantik asal Rusia, Anastasia Potapova di ajang Miami Terbuka 2023. Petenis berusia 27 tahun ini melangkah ke 16 besar, setelah menyingkirkan petenis peringkat enam dunia asal Amerika Serikat, Coco Gauff lewat perjuangan keras.

Gauff harus mengakui kehebatan Potapova dalam duel selama 2 jam dan 41 menit. Alhasil, Potapova menunjukkan determi­nasi, stamina, dan penampilan apiknya di baseline dengan skor 6-7 (8/10), 7-5, dan 6-2.

Di set pertama, Potapova ung­gul 5-2, sebelum Gauff bangkit dan menang lewat tie break. Gauff tampaknya menguasai momentum dan memegang servis kala unggul 5-3 di set kedua sebelum Potapova bangkit dan memenangkan empat gim berikutnya.

Baca juga : Casper Ruud Tumbang

Setelah jeda panas selama 10 menit, Potapova tampil segar dan penuh percaya diri semen­tara Gauff kesulitan menemukan irama permainannya dan harus menyerah 6-2.

Kemenangan atas Gauff ini merupakan kemenangan ketiga Potapova atas petenis 10 besar dunia dan merupakan yang pertama atas Gauff setelah dua pertemuan sebelumnya selalu kalah. “Saya rasa saya bermain lepas, fokus pada permainan saya, dan tidak memikirkan apa yang akan dia lakukan,” ujar Potapova selepas laga.

Gauff mengaku kecewa dengan penampilannya yang kurang percaya diri, terutama pada set kedua dan ketiga. “Saya merasa tidak tampil seperti yang saya inginkan pada hari ini. Saya bisa bertahan hingga tiga set karena mental bukan permainan saya,” aku Gauff.

Baca juga : Stefanos Tsitsipas Keok

“Saya tidak merasa tekanan sebagai petenis tuan rumah mempengaruhi saya. Saya kalah karena kombinasi penampilan apik Anatasia dan karena saya ti­dak bisa menemukan permainan saya,” lanjut petenis berusia 19 tahun itu.

Di babak 16 besar Miami Ter­buka, Potapova akan berhadapan dengan petenis Tiongkok Zheng Qinwen, yang mengalahkan unggulan ke-12 Liudmila Sam­sonova 5-7, 7-6 (7/5), dan 6-3 dalam tempo 3 jam dan 7 menit.

Sementara itu, di tunggal putra, petenis asal Rusia, Daniil Medvedev juga meraih hasil manis. Medvedev melangkah ke putaran ketiga, setelah mengalahkan Roberto Carballes Baena 6-1 dan 6-2 di Hard Rock Stadium, kemarin.

Baca juga : Swiatek Raih Gelar Penglaris

Medvedev mencetak 18 win­ner berbanding lima winner lawannya. Juara Amerika Seri­kat (AS) Terbuka 2021 itu juga sukses dengan drop shot, yang bisa jadi terinspirasi dari juara Indian Wells Carlos Alcaraz.“Setelah pertandingan saya dengan Carlos, saya pikir saya perlu lebih banyak menggunak­an pukulan itu,” ujar Medvedev.

“Saya selalu menyukai drop shot tetapi itu bukan senjata dalam permainan saya yang akan saya gunakan 50 kali dalam pertandingan. Anda harus me­miliki kepercayaan diri dalam pukulan, dan hari ini itu bekerja dengan cukup baik,” imbuhnya.

Peringkat lima dunia itu selan­jutnya akan menghadapi pering­kat 56 dunia asal Slovakia Alex Molcan, yang mengalahkan pe­tenis Jepang Yoshihito Nishioka 7-6 (5), 1-6, dan 6-2. Medvedev telah memenangi tiga gelar berturut-turut di Rotterdam, Doha, dan Dubai, dan pekan lalu mencapai final pertamanya di Indian Wells. ■

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.idMari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian joinAnda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.