Dark/Light Mode

Japfa Ramadan Cup, MI Josep Taher Juara Nomor Open Catur Cepat

Minggu, 9 April 2023 19:48 WIB
Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto dan Vice President Head of Social Investment JAPFA, R. Artsanti Alif serta jajaran pengurus PB Percasi berfoto bersama juara, runner up dan peringkat tiga JAPFA Ramadhan Cup 2023.(Foto : Ist)
Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto dan Vice President Head of Social Investment JAPFA, R. Artsanti Alif serta jajaran pengurus PB Percasi berfoto bersama juara, runner up dan peringkat tiga JAPFA Ramadhan Cup 2023.(Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Master Internasional (MI) Yoseph Theofilus Taher tampil sebagai juara nomor Open atau Terbuka turnamen catur cepat 15 menit Japfa Ramadan Cup 2023 yang berlangsung di Wisma Kemenpora Jakarta, 8-9 April 2023.

Yoseph yang merupakan atlet pelatnas Tim Catur Indonesia mengukuhkan dominasinya setelah mengalahkan pecatur Jawa Barat, Master Nasional (MN) Ariza Rizky pada babak 9 atau terakhir, pada Minggu (9/4/2023).

Dengan kemenangan atas Ariza, Yoseph berhasil menambah torehan poinnya menjadi 8. Raihan angka tersebut sama dengan poin yang dimiliki pesaingnya Fide Master (FM) Arief Abdul Hafiz (Jabar). Namun Yoseph berhak menjadi juara karena unggul nilai Bucchholz (BH) atas Arief dengan 56 berbanding 55,5.

Sebagai juara Yoseph mendapat Piala dan hadiah uang sebesar Rp10 juta. Sedangkan Arief mendapat Rp6 juta.

Peringkat ketiga nomor Open ditempati pecatur non-mater dari Jateng, Godwin Liem yang mengemas 7,5 poin. Godwin mendapat hadiah uang sebesar Rp4 juta.

Sementara Grand Master (GM) Novendra Priasmoro yang sejak babak pertama hingga keempat berada di jalur juara dengan menyapu bersih empat kemenangan harus terlempar ke peringkat ke-7 dari 156 peserta.

Baca juga : Bulan Ramadan, Saudi Minta Warganya Tak Buang-Buang Nasi dan Kurma

Peluang Novendra menjadi juara pupus setelah dikalahkan FM Arief Abdul Hafiz pada babak ke-7.

Sementara kelompok junior U16 dijuarai Agha Faiz Ramdhani dengan 7,5 poin. Disusul MN Claudio Lasama yang juga mengemas 7,5 poin. Peringkat ketiga ditempati pecatur Banten, Maximilano Marrhuimawan dengan 7 poin.

Selanjutnya di kelompok junior U12 tampil sebagai juara Fatih Winartha (Jabar) dengan membukukan 7,5 poin. Diikuti Imanuel Martogi (DKI Jakarta) yang juga mendulang 7,5 poin.

Dan Gervasius Ludwig Setiawan (DKI) di peringkat ketiga dengan 7,5 poin. Meski mengemas poin sama, namun Fatih berhak menjadi juara karena unggul nilai Bucchholz atas Imanuel dan Gervasius.

Pertandingan hari kedua atau hari terakhir turnamen spesial JAPFA Ramadhan Cup disaksikan langsung oleh Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto.

Turut hadir Vice President Head of Social Investment Japfa, R. Artsanti Alif, Ketua Bidang Organisasi PB Percasi, Laksamana TNI Abdul Rivai, Sekretaris Jenderal Hendri Hendratno, Humas Urry Kertopati dan Ketua Panitia JAPFA Ramadhan Cup 2023 Ricardo.

Baca juga : Gagal Di Tim, Skuad Merah Putih Incar Juara Di Nomor Perorangan

Usai memberikan coaching clinic yang dilanjutkan dengan sambutan. Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto mengaku senang dengan antusiasme para pecatur di Tanah Air untuk mengikuti turnamen Japfa Ramadhan Cup 2023.

Utut menekankan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk memiliki sumbangsih besar dalam proses pembinaan dan kemauan catur Indonesia.

Sejak Oktober 1999, PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk konsisten mendukung PB Percasi baik dalam pembinaan atlet dengan mengirimkan para pecatur terbaik mengikuti turnamen di luar negeri juga aktif menyelenggarakan kejuaraan.

"Terimakasih kepada PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk yang tak henti-hentinya selama 20 tahun lebih mendukung pembinaan olahraga catur. Karena itu, saya memohon kepada Pemerintah melalui Kemenpora kiranya dapat memberikan apresiasi dalam bentuk penghargaan kepada PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. Orang atau pihak yang membantu juga harus diberikan penghargaan," kata Utut Adianto.

"Sekali lagi terimakasih kepada PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. Mudah-mudahan bisa terus mendorong dan mendukung pembinaan catur di Indonesia," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Surono dalam sambutannya sebelum menutup secara resmi Japfa Ramadhan Cup 2023 menyambut baik permohonan yang disampaikan Utut Adianto untuk memberikan penghargaan kepada PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk atas perhatian dan kepeduliannya terhadap pembinaan olahraga catur Indonesia.

Baca juga : Uang Rampasan Rp 16,2 Miliar Dari Kasus Juliari Batubara Disetor ke Negara

"Japfa selalu memberikan kontribusi besar kepada catur. Mohon surat untuk pengurusan penghargaan kepada Japfa segera dikirimkan kepada kami," kata Surono.

Surono juga mengapresiasi prestasi yang telah ditorehkan oleh para pecatur binaan PB Percasi yang telah mengharumkan nama Indonesia di berbagai event olahraga internasional.

Surono menambahkan Kemenpora akan selalu mendukung dan membantu PB Percasi dalam membina dan memajukan catur Indonesia. Meski dihadapkan pada keterbatasan anggaran, pihaknya berkomitmen untuk membantu PB Percasi, antara lain dalam persiapan dan pelaksanaan perhelatan catur internasional di Indonesia.

Turnamen Japfa Ramadhan Cup 2023 diikuti sebanyak 421 pecatur dari 22 provinsi di Indonesia. Total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp65 juta. Para peserta mendapat baju koko dan hidangan berbuka puasa.

Perhelatan spesial ini berlangsung seru karena Panitia Penyelenggara juga mengadakan doorprize dengan aneka hadiah menarik, antara lain sepeda gunung, kompor gas, rice cooker, kipas angin dan produk-produk PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.