Dark/Light Mode

Liga Inggris

Si Biru Mau Cuci Gudang

Minggu, 16 April 2023 06:16 WIB
Para pemain Chelsea di pentas Liga Inggris musim 2022/2023. (Foto : Ist)
Para pemain Chelsea di pentas Liga Inggris musim 2022/2023. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Delapan pemain andalan Chelsea bakal dijual pada bursa transfer musim panas mendatang. Ini buntut kegagalan The Blues lolos ke ajang Liga Champions maupun Liga Eropa musim depan.

Seperti dikutip dari The Sun, kemarin, penjualan delapan pemain ini sekaligus upaya manajemen memangkas pengeluaran setelah pemilik baru Boehly menggelontorkan dana triliunan rupiah sejak Mei 2022.

Belum lagi efek dari datangnya beberapa pemain bergaji tinggi, membuat mereka mengalami kerugian yang nilainya mencapai 121.3 juta Poundsterling, atau sekitar Rp 2,2 triliun di tahun anggaran 2021/22.

Kini, Chelsea harus hadapi kemungkinan tak bermain di sepak bola Eropa musim depan, dan remunerasi keuangan pun harus dilakukan. Berikutnya, keputusan sulit kemungkinan harus dibuat terkait beberapa pemain berharga yang mereka miliki.

Baca juga : Zendaya, Slang Inggris Bikin Bingung

Para pemain kunci seperti Mount, Kovacic dan Kante sama-sama akan hadapi masa depan yang tak pasti di Stamford Bridge, karena klub berniat untuk memangkas tagihan gaji mereka. Mason Mount gencar dikaitkan dengan Liverpool, yang tengah bersiap-siap membangun kembali skuad mereka di musim yang mengecewakan saat ini.

Pemain itu juga mengaku ingin awali karir yang baru di Anfield setelah belakangan ini performanya menurun akibat cedera. Nasib Mason Mount yang pernah dua kali menjadi Player of the Year itu dipertaruhkan saat The Blues berencana lakukan obral besar-besaran untuk menyeimbangkan pembukuan mereka.

Diskusi mengenai kontrak untuk amankan kontrak bintang Inggris itu memang tengah berlangsung, di mana Mount berusaha untuk amankan gaji yang akan membuatnya menjadi salah satu pemain dengan gaji tertinggi di klub tersebut.

Namun, dengan kontraknya yang tinggal satu tahun lagi dan tak ada resolusi tercapai, klubnya bisa menjual jebolan akademi mereka itu untuk dapatkan sejumlah dana yang sangat dibutuhkan.

Baca juga : Hasil Liga Ingggris: Lamprad Jeblok Di Awal, Man City Ok

Kovacic juga telah berada di tahun terakhir dari kontraknya, dan sebagai starter bagi the Blues, pemain internasional Kroasia itu telah menarik perhatian banyak klub, termasuk Manchester City.

Ada pula para pemain seperti Ruben Loftus-Cheek, Christian Pulisic dan Conor Gallagher-- yang juga telah menarik perhatian Liverpool dan Newcastle, kemungkinan juga bisa pindah. Seperti Mason Mount, LoftusCheek dan Gallagher juga mewakili pendapatan yang bisa dikantongi Chelsea sebagai pemain akademi.

Suporter kini ketar-ketir dengan situasi Kante karena beberapa masalah. Terutama setelah Kante kembali tampil menawan di laga melawan Liverpool dan Real Madrid setelah absen delapan bulan akibat cedera.

Sama seperti Mount, Kante juga tengah lakukan negosiasi kontrak di Stamford Bridge, meskipun kontrak tersebut akan berakhir di penghujung musim ini. Membiarkan seorang pemain berharga pergi dengan status bebas transfer tentunya akan mengecewakan bagi The Blues.

Baca juga : Klopp Nafsu Buru Tiket Liga Champions

Tapi mereka hanya akan mendapat keuntungan dari mengurangi tagihan gaji para pemain. Selain Pulisic yang berpeluang pindah karena kekurangan waktu bermain, Pierre-Emerick Aubameyang dan Hakim Ziyech yang kemungkinan bisa hengkang karena gagal memberi dampak pada klub musim ini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.