Dark/Light Mode

Manchester City Vs West Ham 3-0

Guardiola Dan Haaland Torehkan Rekor Baru

Jumat, 5 Mei 2023 07:00 WIB
Erling Haaland. (Foto: Action Images via Reuters).
Erling Haaland. (Foto: Action Images via Reuters).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kemenangan Manchester City atas West Ham United 3-0 menjadi sangat spesial buat sang Pelatih Pep Guardiola dan striker Erling Haaland. Keduanya sukses memecahkan rekor. The Citizens kembali menggeser Arsenal di puncak klasemen.

Guardiola memecahkan re­kor sebagai pelatih Liga Primer Inggris yang mampu membawa timnya membukukan 1.000 gol di semua kompetisi dalam waktu paling cepat. Kemenangan 3-0 The Citizens atas West Ham United di Stadion Etihad, dini hari kemarin, memastikan pencapaian rekor perolehan gol tersebut di era kepelatihan Guardiola bersama Manchester City.

Seperti dilansir klubnya, Guardiola mencapai rekor 1.000 gol hanya dari 404 pertandingan dengan rata-rata 2,47 gol per pertandingan. Catatan impresif itu mengalahkan rekor yang sebelumnya dipegang pelatih legendaris Arsenal Arsene Wenger yaitu dari 554 pertandingan.

Sementara itu, pelatih ikonik Manchester United Sir Alex Ferguson membutuhkan 601 pertandingan untuk mencatat gol ke-1.000. Pelatih asal Spanyol itu hanya membutuhkan tujuh musim untuk mencatatkan rekor tersebut.

Baca juga : Man City Geser Arsernal, Halaand Bikin Rekor

Di bawah Guardiola, The Citizens tercatat mencetak 652 gol di Liga Inggris, 169 gol di Liga Champions, 103 gol di Piala FA, 66 gol di Piala Liga, enam gol di Kualifikasi Liga Champions, dan empat gol di Community Shield. Saat ini, City sedang memburu treble winner di kom­petisi Liga Primer Inggris, Liga Champions, dan Piala FA.

Di Liga Primer Inggris, Manchester City berada di puncak klasemen dengan perolehan 79 poin atau selisih satu poin dari Arsenal di peringkat kedua. Di semifinal Liga Champions, Manchester City akan bertemu dengan juara bertahan Real Madrid dan akan melawan rival sekota Manchester United di final Piala FA.

Sementara, rekor untuk Haaland yaitu memecahkan rekor gol Liga Primer Inggris dengan mencetak golnya yang ke-35 pada musim ini saat Manchester City menang 3-0 atas West Ham United dan kem­bali ke puncak klasemen, Kamis (4/5) dini hari WIB.

City harus bekerja keras mengalahkan The Hammers demi meraih keunggulan satu poin atas Arsenal di klasemen Liga Primer Inggris, dengan mengantongi satu laga lebih banyak ketimbang the Gunners.

Baca juga : Menanti Amukan ‘Monster’

Tiga gol City di laga tersebut disumbangkan Nathan Ake mem­buka keunggulan Manchester City saat bek Belanda itu me­nyundul tendangan bebas Riyad Mahrez.

Dua puluh menit kemudian, Haaland menggandakan keunggulan City setelah menyambut umpan terobosan Jack Grealish dan melepaskan bola melewati Lukasz Fabianski.

Gol itu mengantarkan penyerang Norwegia itu melewati rekor 34 gol dalam satu musim di Liga Primer Inggris yang sebelumnya dipegang oleh Alan Shearer dan Andy Cole sejak 1990-an. Haaland diberi guard of honor oleh rekan setimnya saat dia meninggalkan lapangan di akhir laga.

Phil Foden, yang tampil seba­gai pemain pengganti, mencetak gol ketiga Manchester City pada menit 65 setelah tendangan kerasnya membentur Emerson Palmieri dan membuat Fabiansi mati langkah.

Baca juga : Monster Haaland Bakal Pecahkan Semua Rekor Gol Di Inggris

Guardiola melihat Haaland selalu bisa diandalkan dalam urusan mencetak gol bagi Man City. Terlebih Haaland mampu menjadi pemuncak top skor di Premier League dan Liga Champions saat ini. Padahal Pep mengaku sering membatasi menit bermain Haaland ketika dirinya mampu mencetak gol di suatu laga.

“Luar biasa. Dia baru berusia 22 tahun dan masih memiliki lima pertandingan tersisa. Berapa banyak pertandingan yang saya lakukan pergantian pemain setelah hattrick dalam 60 menit, mungkin dia akan mencetak leb­ih banyak gol,” tutur Guardiola, seperti dilansir BBC. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.