Dark/Light Mode

Ketua Penprov Pertina DKI Sukses Antar 5 Petinju Ke Final Di Kamboja

Jumat, 12 Mei 2023 16:27 WIB
Petinju Indonesia yang lolos ke final bersama pelatih.di SEA Games Kamboja 2023.
Petinju Indonesia yang lolos ke final bersama pelatih.di SEA Games Kamboja 2023.

RM.id  Rakyat Merdeka - Lima petinju Indonesia berhasil masuk ke final SEA Games XXXII/2023 di Kamboja. Dari lima petinju yang lolos ke final tiga di antaranya berasal dari DKI.

Pencapaian ini merupakan sejarah baru di ajang SEA Games, di mana selama ini belum pernah petinju Indonesia lolos sebanyak itu ke final.Hal ini sebagai bentuk keberhasilan Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) DKI Jakarta, Hengky Silatang menempa atlet menjalankan Pelatnas di HS Boxing Camp, Ciseeng, Bogor yang dibangunnya.

Sejak era 90-an, tinju Indonesia hanya dipandang sebelah mata di ajang pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara tersebut. Kini, sejarah baru tercipta dengan lolosnya 5 petinju ke final.

Baca juga : Ketum KONI DKI Bangga Masniari Raih Emas Di Kamboja

Di ajang SEA Games ke-32 Kamboja, petinju Indonesia, seperti bangkit dari tidur panjangnya dengan keberhasilan menempatkan lima petinjunya di partai final. Kelima petinju yang lolos ke final, adalah Mikael Muskita (kelas 86 kg), Asri Udin (57 kg) dan Ratna Sari Devi (54 kg putri), Aldom Sugoro (54 kg putra) dan Dio Koebanu (48 kg putra).

Hebatnya, dari lima petinju yang lolos ke final tiga di antaranya berasal dari DKI Jakarta. Mereka adalah Ratna Sari Devi, Asri Udin, dan Aldom Sugoro.

Aldom Sugoro yang berasal dari DKI meraih kemenangan dari petinju Vietnam, Van Anh Tran di kelas 54 kg. Sementara Dio Koebanu yang turun di kelas 48 kg mengalahkan petinju Laos, Khampvoupan Kham.

Baca juga : GMP Targetkan Pembentukan Relawan Ganjar Pada Seluruh Desa Di Jabar

“Keberhasilan ini berkat kerja sama antara pelatih, pengurus dan petinju itu sendiri. Kita patut bersyukur dengan keberhasilan ini,” jelas Hengky, Manajer tim tinju Indonesia ini.

Partai final akan dilangsungkan pada tanggal 13 dan 14 Mei. Pada tanggal 13 Mei (Sabtu) akan tampil Mikael Muskita dan Asri Udin. Sedangkan pada Minggu (14/5/2023) akan tampil tiga petinju yakni Ratna, Aldom Sugoro dan Dio Koebanu.

“Saya mohon doanya dari masyarakat Indonesia agar petinju Indonesia diberi kekuatan dan berhasil membawa pulang medali emas,” harap Hengky. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.