Dark/Light Mode

Internal Klub Inter Miami Memanas

Messi Datang, Pizarro Terancam Jadi Tumbal

Minggu, 9 Juli 2023 07:00 WIB
Rodolfo Pizarro dan Lionel Messi
Rodolfo Pizarro dan Lionel Messi

RM.id  Rakyat Merdeka - Internal klub Inter Miami kian panas. Gara-gara Lionel Messi datang, bintang klub Rodolfo Pizarro, terancam ditumbalkan.

Rodolfo Pizarro langsung mengkritik aturan Major League Soccer (MLS), yang menghar­uskannya hengkang dari Inter Miami akibat datangnya La Pulga -julukan Lionel Messi, ke klub itu.

Seperti diketahui, Messi ber­gabung dengan Inter Miami kar­ena hengkang dari Paris Saint-Germain (PSG) pada Kamis 8 Juni 2023. Kontraknya berdurasi tiga tahun atau hingga 2025, dengan gaji sekitar 50 juta-60 juta dolar AS atau sekitar Rp 950 miliar per tahun.

Messi bakal menjadi bagian dari skuad Inter Miami pada Rabu 12 Juli 2023. Hal itu seir­ing dibukanya bursa transfer Liga Amerika Serikat alias MLS di musim panas tahun ini.

Baca juga : Setan Merah Cuci Gudang

Tapi, kedatangan Messi di Inter Miami justru harus mem­buat beberapa pemain klub asal Florida itu merasakan dampak negatif. Salah satunya, Rodolfo Pizarro, yang digadang-gadang bakal jadi tumbal kedatangan peraih tujuh gelar Ballon dOr itu.

Pizarro mungkin harus pergi dari Inter Miami untuk memberi ruang kepada Messi. Sebab, dalam regulasi gaji MLS, ada aturan khusus bernama The Designated Player atau pemain yang ditunjuk oleh klub.

Lewat aturan itu, MLS boleh mendaftarkan maksimal tiga pemain dengan gaji di luar batas upah pada Liga Amerika Serikat itu.

Aturan yang diberlakukan pada 2007 dan bertujuan agar MLS dapat bersaing dengan klub asing untuk mendapatkan pemain bintang.

Baca juga : Kecelakaan Kereta Di India Tewaskan 288 Orang, PM Narendra Modi Geram

Pizarro menjadi salah satu dari tiga pemain yang ditunjuk di Inter Miami. Gelandang serang asal Meksiko itu didatangkan Inter Miami pada 2020 dengan bayaran tertinggi di klub. Yakni menerima 3 juta dolar AS (setara Rp 45 miliar) per tahun.

Dengan kehadiran Messi, ma­ka mengharuskan Inter Miami membuang salah satu dari tiga pemain yang ditunjuk.

Berhubung Pizarro bermain kurang apik musim ini dari 12 penampilannya dan hanya men­catat satu assist, kemungkinan besar dia akan menjadi yang dibuang.

Setelah terancam didepak gara-gara kedatangan Messi, Pizarro pun mengkritik aturan MLS.

Baca juga : Inter Rawan Kehilangan Tiket Ke Liga Champions

Pemain 29 tahun ini tidak terima dirinya harus hengkang dari Inter Miami cuma karena La Pulga datang.

“Saya pikir itu aturan aneh. Saya masih punya kontrak den­gan tim, tapi dijual. Aturan MLS mungkin satu-satunya di dunia,” kata Pizarro, seperti dikutip dari The Athletic, kemarin.  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.