Dark/Light Mode

Menderita Cedera Serius

Silva Sedih Harus Gantung Sepatu

Sabtu, 29 Juli 2023 07:00 WIB
David Silva. (Foto: AFP)
David Silva. (Foto: AFP)

 Sebelumnya 
Ia menjadi pemain yang sangat populer di Manchester City den­gan visi luar biasa dan semangat menyerang.

Patung David Silva diresmi­kan di luar Stadion Etihad pada 2021, berdiri di samping patung sesama legenda klub Vincent Kompany dan Sergio Aguero.

Selain empat gelar Premier League, David Silva membantu Manchester City memenangkan dua piala FAdan lima piala Liga. Ia bergabung bersama Manchester City selama 10 tahun.

Baca juga : Setan Merah Fokus Cari Striker Haus Gol

Mengutip berbagai sumber, sebelum bergabung dengan Manchester City, ia bermain selama enam tahun di Valencia CF sejak 2003. Ia tampil di lebih dari 160 pertandingan dan me­menangkan Copa del Rey pada 2008. Pada 17 Agustus 2020, ia bergabung dengan klub Spanyol Real Sociedad dengan status bebas transfer.

David Silva secara resmi mulai menggeluti sepak bola pada usia 14 tahun. Saat itu, ia masuk akademi Valencia dan bermain untuk tim muda atau Valencia B. Setelah tiga tahun, ia tidak langsung menembus skuad utama klub berlambang kelelawar tersebut.

Ia dipinjamkan ke Eibar dan menjalani debut profesional di sana. Setahun di Eibar, Silva kem­bali dipinjamkan ke klub Spanyol lain, Celta Vigo. Hingga akhirnya, pada 2006, ia pulang ke Valencia dan tembus ke tim utama.

Baca juga : Gerindra Mesrai Demokrat, Prabowo Terus Gantung Imin

Namanya mulai melejit dan diperhitungkan mulai saat itu. Bersama pasangan emasnya, David Villa, Silva mampu menunjukkan performa terbaik. Ia mampu membantu tim meraih gelar Copa Del Rey pada 2008.

Penampilan apiknya membuat Roberto Mancini, yang saat itu melatih Manchester City, terkesima. Silva pun diboyong ke Inggris. Di sana, perfor­manya semakin matang. Ia menjadi maestro lapangan ten­gah, salah satu yang terbaik di daratan Inggris. Ketika dilatih Pep Guardiola, perannya di se­bagai gelandang semakin tidak tergantikan.

Setelah 10 tahun membela tim Biru Langit, ia memutuskan kembali ke Spanyol. Silva ber­gabung dengan Real Sociedad sejak 2020. Sayangnya, bersama La Real, ia belum mampu mem­berikan gelar juara.

Baca juga : Perhutanan Sosial Harus Terus Diperkuat

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 29/7/2023 dengan judul Menderita Cedera Serius, Silva Sedih Harus Gantung Sepatu

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.