Dark/Light Mode

IASF Kolaborasikan Unsur Balap dan Gaya Hidup Otomotif

Minggu, 20 Agustus 2023 21:25 WIB
Konferensi pers Indonesia Auto Speed Festival (IASF) 2023. (Foto: Istimewa)
Konferensi pers Indonesia Auto Speed Festival (IASF) 2023. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mercedes-Benz Club Indonesia bersama Jakarta Storm Speed dan Gazpoll Racing Team menggelar Indonesia Auto Speed Festival (IASF) 2023 pada 1-3 September 2023, di Sentul International Circuit, Bogor. Event ini menghadirkan berbagai cabang olahraga otomotif yang diikuti lebih dari 300 pembalap, serta berbagai aktivitas festival lainnya.

"Olahraga yang diselenggarakan antara lain drag race, sprint rally, offroad racing, touring, time rally, time attack, dan celebrity hotlap. Sedangkan kegiatan festival antara lain terdapat community gathering, exhibition, fun karting, camping ground, food and beverages UMKM, dan entertainment," ujar Ketua Panpel Arief Gunawan.

Kegiatan tersebut terinspirasi dari megahnya dan meriahnya perhelatan Goodwood Festival of Speed di Inggris. Pegiat otomotif nasional R Adi Yunadi Ndjun, Tomi Hadi Pipink dan Arief Gunawan, yang awalnya bertemu secara santai di Kedai Kopi Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, akhirnya sepakat membuat sebuah perhelatan akbar yang menyatukan berbagai unsur dunia otomotif dari dunia balap hingga gaya hidup otomotif. 

Baca juga : Puan Kenakan Baju Adat Dayak Motif Ruit Besai

Mereka bertiga sepakat menggelar ajang aktivitas auto sport yang dikolaborasikan dengan unsur hiburan dan gaya hidup otomotif. Obrolan ini juga menjadi seru dan menarik, lantaran Tomi Hadi dari Gazpoll Racing dan Adi Ndjun dari Jakarta Storm Speed (JSS) mempunyai cita-cita dan keinginan yang sama atas cetusan ide tersebut.

Dari obrolan ringan ngalor-ngidul, kemudian menjadi serius dan menarik. Sebab, mereka langsung membahas program yang akan bisa masuk pada event tersebut. Nama event pun tercetus pada saat itu juga, yakni Indonesia Auto Speed Festival (IASF).

IASF tidak hanya menyuguhkan adu kencang di lintasan atau sebatas dunia motorsport. Namun juga dibalut dengan kegiatan gathering antar komunitas otomotif dan pegiat balap, autosport entertainment, kuliner dengan mengajak UMKM berpartisipasi, bursa aksesori dan onderdil, camper van di sekitar lintasan dengan penyediaan pitch/lahan campervan. Tidak kalah menarik, adu kinclong atau auto contest (vote by guest) dari display mobil berkategori klasik-retro.

Baca juga : Perlu Strategi Dan Kolaborasi Tekan Produksi Sampah Makanan

"Secara umum, latar belakang dari kegiatan ini adalah kami dari kalangan pegiat event otomotif yakni Gazpoll dan JSS ingin menyuguhkan ke masyarakat otomotif Indonesia, bahwa event otomotif itu bukan secara eksklusif milik kalangan tertentu saja, namun menyentuh semua lapisan pecinta otomotif hingga pengusaha kecil menengah yang bisa ikut ambil bagian secara langsung," tambahnya.

Gazpoll dan JSS sepakat, semua hal-hal positif yang ingin diraih dalam penyelenggaraan gelaran ini, yang mencakup kegiatan olahraga bermotor, gathering, edukasi, kuliner dan parawisata, bakal sesuai dan selaras dengan yang sedang digalakkan Pemerintah, yaitu sport tourism.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mendukung penyelenggaraan IASF 2023. “Selama penyelenggaraan pada 1-3 September 2023, para peserta bisa camping di dalam kawasan area Sentul International Circuit. Sehingga bisa saling berinteraksi dan mengenal satu sama lain. Menjadikan event ini tidak hanya sekadar event otomotif, melainkan juga event kebangsaan karena mampu merekatkan ikatan soliditas para pesertanya," ucap pria yang akrab disapa Bamsoet ini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.