Dark/Light Mode

Kejuaraan Dunia 2023

Hajar Wakil Jepang, Rinov/Tari Rebut Tiket 32 Besar

Selasa, 22 Agustus 2023 17:20 WIB
Pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. (Foto : PBSI)
Pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari. (Foto : PBSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari melewati rintangan pertama Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

Ganda campuran Indonesia itu meraih tiket ke babak 32 besar usai mengalahkan Hiroki Midorikawa/Natsu Saito asal Jepang.

Dalam laga yang mentas di Royal Arena, Kopenghagen, Denmark, Selasa (22/8) pagi, Rinov/Tari, sapaan akrab ganda campuran Merah-Putih ini memang bermain solid. Pasangan yang menduduki rangking 16 besar dunia ini juga bermain lebih tenang. 

Smash keras Rinov yang tak mampu ditangkis Saito, mengakhiri laga selama 53 menit tersebut. Rinov/Tari pun akhirnya menang dengan skor 23-21, 8-21, 21-11.

Baca juga : Terusir Di Awal, Jojo: Saya Terbawa Permainan Lawan

"Alhamdulillah kami bisa bermain bagus dan lolos ke babak kedua. Kami juga bisa mengatasi lawan dengan bermain baik dan pola yang dirancang bisa masuk," kata Rinov.

Menurut Rinov, di gim kedua, lawan memang mengubah pola permainan, sehingga kesulitan untuk mengontrol permainan. Mereka pun takluk di gim kedua.

"Sementara di gim kedua kami pun agak susah mendapatkan momen untuk memberikan perlawanan dan mendapat poin," ucap Rinov.

"Pada gim kedua, kami juga banyak mati sendiri karena terus mendapat tekanan dari lawan," tambah Tari.

Baca juga : Kejuaraan Dunia 2023, Putri KW Dan Chico Menang Mudah

Di gim penentuan, Rinov/Tari tak mau kalah start lagi. Mereka juga bermain lebih ngotot. "Di gim ketiga, saya cuma main lebih berani dan lebih nekat saja. Ternyata berhasil," tutur Rinov.

Rinov/Tari memang tampil penuh percaya diri. Tiga kemenangan dalam tiga pertemuan sebelumnya atas wakil Negeri Sakura itu pada Kejuaraan Asia 2023 di Dubai, Indonesia Masters 2023, dan Korea Terbuka 2022, makin menambah keyakinan keduanya tampil solid.

"Berkat kemenangan 3-0 dalam tiga pertandingan sebelumnya, membuat saya juga makin yakin untuk bisa mengalahkan lawan lagi di sini," kata Rinov.

Dengan kemenangan ini babak kedua, Rinov/Tari akan menantang unggulan ke-15 yang juga berasal dari Jepang, Kyohei Yamashita/Naru Shinoya.

Baca juga : Temukan Pola Main, Dejan/Gloria Bungkam Finalis All England

"Kami belum pernah bertemu sebelumnya. Kami akan nonton rekaman videonya dan berdiskusi dengan pelatih dulu. Kami harus mempersiapkan diri dengan baik," ujar Tari.

Selain Rinov/Tari, wakil Indonesia yang turun bertanding hari Selasa ini adalah ganda campuran Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja melawan unggulan kesembilan, Robin Tabeling/Selena Piek asal Belanda. Lalu, tunggal putra, Chico Aura Dwi Wardoyo menghadapi unggulan kesembilan, Prannoy HS (India) dan tunggal putri Putri Kusuma Wardani menantang unggulan kelima, He Bing Jiao (China). 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.