Dark/Light Mode

Piala AFF 2023

Tegang, Timnas U-23 Gagal Juara Lewat Tos-tosan

Sabtu, 26 Agustus 2023 23:14 WIB
Beckham Putra Nugraha lawan Vietnam di final Piala AFF 2023, Jumat (26/8) malam WIB. (Foto : PSSI)
Beckham Putra Nugraha lawan Vietnam di final Piala AFF 2023, Jumat (26/8) malam WIB. (Foto : PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perjuangan timnas U-23 di pentas Piala AFF 2023 mencapai klimaksnya. Timnas U-23 gagal menjadi juara di pentas Piala AFF lewat tos-tosan alias adu penalti dengan skor 5-6.

Berlaga di Stadion Rayong, Thailand, Jumat (24/8) malam, duel Indonesia vs Vietnam tak berbuah gol hingga tambahan waktu babak kedua berakhir. 

Kiper Vietnam, Quan Van Chian dan Ernando Ari tampil gemilang menjaga gawangnya masing. Khusus Ernando, aksinya mendapat jempolan setelah 7 kali menyelamatkan gawang Garuda Muda.

Bahkan pada menit ke-33, dia menjadi penyelamat Indonesia dari sepakan di kotak penalti. 

Baca juga : Final Piala AFF U-23 2023, Wapres Jagokan Timnas Menang 1-0

Sontekan penyerang Vietnam Nguyen Minh Quang membentur tiang bola pantul menghadirkan perebutan bola antaran Minh Quang dan Dewangga. Namun Dewangga melanggar Minh Quang dan menghasilkan penalti untuk Vietnam.

Ernando Ari tampil ciamik berhasil memblok tembakan penalti Vietnam yang dieksekusi Nguyen Quoc Viet yang mengarah ke kanan gawang Indonesia.

Pada menit ke-46 Indonesia dapat peluang lewat lemparan ke dalam Robi Darwis. Bola dapat diakhiri tembakan keras Beckham yang membentur tangan pemain Vietnam dan keluar sehingga menghasilkan sepak pojok. Wasit tidak memutuskan penalti, dan hanya sepak pojok untuk Indonesia.

Pada menit ke-110 Indonesia dapat peluang emas lewat Sananta namun dapat diblok kiper Vietnam. Bola rebound ditembak Frengky Missa tapi masih melenceng di sisi kiri gawang Vietnam.

Baca juga : Eduardo Gemilang, Indonesia Vs Vietnam Masih 0-0 Di Babak Pertama

Tak ada gol di waktu tambahan babak kedua membuat juara harus diputuskan lewat adu penalti.

Lima penendang penalti dari Indonesia, Ramadhan Sananta, Jeam Kelly Sroyer, Frengky Missa, Arkhan Fikri dan  Dewangga seluruhnya berhasil menjebol gawang Vietnam.

Begitu juga sebaliknya, semua penendang penalti dari timnas Vietnam juga berhasil menjebol gawang Ernando.

Sayang, penendang keenam Indonesia Ernando Ari gagal dan dapat dipatahkan kiper Vietnam. Sebaliknya, pemain Vietnam Thai Ba Dat, justru merobek gawang Indonesia. Indonesia kalah terhormat dengan skor 5-6 dari Vietnam lewat adu penalti.

Baca juga : Jokowi: Piala Dunia FIBA 2023 Pacu Peningkatan Timnas Basket Indonesia

Timnas Indonesia U-23 sempat diragukan ke final karena sempat kalah di awal laga Grup B. Namun, Garuda Muda berhasil lolos dari fase grup sebagai runner up terbaik dengan koleksi 3 poin dari dua laga.

Beckham Putra cs kemudian tampil perkasa di semifinal. Pasukan Shin Tae-yong memetik kemenangan telak atas tuan rumah Thailand dengan skor 3-1.

Sementara Vietnam lolos sebagai pemuncak Grup C dengan sempurna yakni dua kali menang. Kemudian di semifinal, mereka membantai Malaysia dengan skor telak 4-1.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.