Dark/Light Mode

La Liga

Xavi Ngebet Tukangi Barcelona

Selasa, 24 September 2019 10:50 WIB
Xavi Hernandez kini melatih di Qatar. (Foto : istimewa)
Xavi Hernandez kini melatih di Qatar. (Foto : istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mantan pemain Barcelona, Xavi Hernandez diisukan menggantikan posisi Ernesto Valverde di kursi kepelatihan El Barca. Kabar itu dipicu buruknya performa Lionel Messi dkk hingga pekan kelima kompetisi La Liga.

Terakhir, skuat asuhan Valverde itu hanya mampu dua kali menang (5-2 lawan Real Betis dan 5-2 lawan Valencia), satu kali imbang (2-2 lawan Osasuna), dan dua kali kalah (0-1 lawan Athletic Bilbao dan 0-2 lawan Granada).

Baca juga : Real Madrid Menang, Posisi Zidane Aman

Dengan hasil tersebut, Blaugrana itu hanya mampu bertengger di peringkat delapan dengan tujuh poin, terpaut empat poin dari Athletic Bilbao di puncak klasemen sementara (11 poin) dan selisih tiga poin dari Espanyol yang menghuni zona degradasi.

Situasi seperti ini memunculkan banyak spekulasi, pihak klub akan memecat Valverde. Salah satu rumor yang muncul adalah Xavi Hernandez yang kabarnya ingin kembali ke mantan klub nya itu sebagai pelatih.

Baca juga : Mou Sungkan Gantikan Zidane

“Orang-orang berharap banyak dari saya untuk melatih. Tentu, saya senang jika dianggap sebagai sosok potensial untuk melatih mereka. Seperti yang pernah saya katakan, impian saya adalah bisa melatih Barcelona,” kata Xavi dikutip laman Football Espana, kemarin.

Meski begitu, Xavi mengaku perlu waktu untuk berpikir. “Akan sangat sulit memutuskan kapan bisa kembali. FC Barcelona adalah klub besar dan saya butuh persiapan matang,”  katanya.

Baca juga : Messi Datang, Barca Malah Tumbang

Pengalaman tentu menjadi satu syarat Xavi jika ingin melatih Barcelona atau bahkan menjadi pengganti Valverde. Xavi telah memperkuat Barcelona sejak 1998-2015, mencetak 85 gol serta menyumbang 184 assist dari 769 penampilannya di semua kompetisi. Setelah pensiun, ia menjadi pelatih di klub sepak bola Qatar, Al Sadd. [DNU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.