Dark/Light Mode

Lagi, PSSI Naturalisasi Pesepakbola Asal Belanda

Rabu, 6 September 2023 17:29 WIB
Erick Thohir dan pemain asal Belanda Jay Idzes. (Foto : PSSI)
Erick Thohir dan pemain asal Belanda Jay Idzes. (Foto : PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PSSI kembali menaturalisasi pemain untuk timnas. Kali ini, pemain asal Belanda yang merumput bersama klub Liga Italia Serie B Venezia, Jay Idzes yang akan jadi WNI memperkuat timnas Indonesia.

Idzes sudah ada di Indonesia dan sedang melakukan proses administrasi.  

"Hari ini saya mengumumkan bahwa pemain asal klub Venezia Jay Idzes akan kita proses untuk memperkuat Merah Putih di ajang internasiona untuk Garuda Mendunia,” kata Ketum PSSI Erick Thohir, dilansir laman PSSI, Rabu (6/9).

Idzes, kata Erick bukanlah pemain sembarangan. Musim lalu dia adalah andalan tim Go Ahead Eagles yang finish di posisi 11 Liga Utama Belanda Eredivisie. 

Baca juga : Garuda Muda Belum Siapkan Strategi

Idzes yang masih berusia 23 tahun juga dibidik timnas Belanda. Namun dia memilih peluang bersama timnas Indonesia yang lebih memungkinkannya rutin bermain di level negara.

"Idzes masih berusia 23 tahun. Kariernya sedang menuju puncak. Jadi pemain ini adalah pemain yang sangat potensial dan akan Isya Allah akan menambah kekuatan timnas kita," kata Erick.

Jay merupakan pemain kelahiran Mierlo, Belanda pada 2 Juni 2000. Ia memiliki darah keturunan Indonesia dari kakek dan neneknya. Ia lahir di Belanda, di mana kedua orang tuanya tinggal.

Idzes sudah bermain sepakbola sejak usia 7 tahun. Awal karier sepakbola dimulai ketika dia bergabung dengan salah satu klub amatir, SC Brabant, di Mierlo. 

Baca juga : NasDem Bekasi Mau Percepat Pemenangan

Dia bermain selama 1,5 tahun di tim itu. Di usia 9 tahun, Jay dilirik oleh talent scouting dari PSV Eindhoven. 

Ia kemudian berlatih di akademi PSV selama lima tahun. Setelah itu, ia bergabung dengan Akademi VVV-Venlo & Helmodsports pada 2014. 

Bertahan 2 tahun di klub tersebut, ia bergabung dengan klub Eerste Divisie lain, FC Eindhoven, dan bermain di tim akademi junior.

Setelah dua tahun menimba ilmu di tim junior, Jay mulai dibutuhkan oleh tim utama FC Eindhoven dengan mencatatkan 57 penampilan.

Baca juga : Riset Populix: 82 Persen Masyarakat Indonesia Suka Belanja Online

Ia kemudian pindah ke Go Ahead Eagles hingga awal musim 2023. Ia kemudian pindah ke Liga Italia untuk bergabung dengan Venezia hingga 2027.

Sebelumnya pada Mei 2023, PSSI juga menaturalisasi dua pemain asal Belanda memperkuat Timnas Indonesia yakni Rafael Struick dan Ivar Jenner. Keduanya sudah membela timnas di berbagai pentas internasional.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.