Dark/Light Mode

FIFA Match Day

Plontosi Turkmenistan 2-0, Tim Merah Putih Dijempolin Erick

Sabtu, 9 September 2023 05:51 WIB
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kedua kanan), bangga dengan kemenangan atas Turkmenistan 2-0 dalam laga FIFA Match Day di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur, Jumat (8/9/2023) malam. (Foto: Dok. PSSI)
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kedua kanan), bangga dengan kemenangan atas Turkmenistan 2-0 dalam laga FIFA Match Day di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur, Jumat (8/9/2023) malam. (Foto: Dok. PSSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir memuji penampilan tim Merah Putih saat mengalahkan Turkmenistan 2-0 dalam laga FIFA Match Day di Stadion Gelora Bung Tomo, Benowo, Surabaya, Jawa Timur (8/9/2023).

Erick menilai, Jordi Amat Cs mampu mengembalikan tradisi kemenangan, sekaligus target meraih poin, demi mendongkrak peringkat FIFA.

"Terus terang, ini pertandingan yang tidak mudah. Tapi, mereka bisa jaga keunggulan hampir 90 menit, bahkan cetak gol tambahan saat injury time, dengan lawan yang secara peringkat ada di atas kita. Saya harus apresiasi pemain yang bisa menjaga tradisi kemenangan," ucap Erick,  yang turun langsung menyaksikan berpenonton 20 ribu orang.

Dalam pertandingan itu, tim Merah Putih membuka keunggulan pada menit ke-18, melalui gol cantik Dendy Sulistyawan, lewat tendangan voli dari luar kotak pinalti.

Berawal dari sebuah situasi serangan balik, Dendy langsung melepas tembakan spekulasi, yang tidak mampu dihalau kiper Turkmenistan, Babayev Batyr.

Baca juga : Gebuk Turkmenistan 2-0, Egy Dan Dendy Jadi Pembeda

Turkmenistan yang kebobolan, berupaya meningkatkan intensitas serangan, dan mendapat banyak peluang dari tembakan jarak jauh. Seperti yang terjadi pada menit ke-25 dan 36 di babak pertama, dan juga beberapa kali di 20 menit terakhir babak kedua.

Bahkan, di tengah tekanan lawan yang ingin menyamakan kedudukan, timnas kembali bikin kejutan.

Di masa injury time, Egy Maulana Vikri menggandakan keunggulan menjadi 2-0, setelah menerima umpan Stevano Lilipaly.

"Meski menang, laga tadi memberikan pelajaran tentang pentingnya kerapatan generasi pesepak bola kita, terutama untuk mendukung timnas," tutur Erick.

Karena itu, menurutnya, turnamen elite pro untuk suplai timnas, hingga pembinaan di level U-17 dan-U 15 sangat penting. Agar  kita bisa membangun timmas yang tangguh.

Baca juga : Babak Pertama, Indonesia Unggul 1-0 Atas Turkmenistan

"Ini momentum emas untuk memajukan timnas kita ke level di atas SEA Games," tegas Erick.

Berkat kemenangan ini, peringkat timnas Indonesia di ranking FIFA, diprediksi naik hingga tiga tangga dengan tambahan 4,59 poin.

Ini penting untuk menaikkan moral dalam persaingan di kualifikasi Piala Dunia 2026.

Apalagi, dalam pertandingan sebelumnya, di laga FIFA Match Day terakhir melawan Argentina, ranking Indonesia sempat turun satu peringkat.

Daftar Pemain

Indonesia: 1-Nadeo Arga Winata (PG), 28-Alfeandra Dewangga, 4-Jordi Amat, 5-Sandy Walsh, 3-Edo Febriansah, 14-Asnawi Mangkualam (Kapten), 18-Adam Alis, 15-Ricki Kambuaya, 23-Marc Klok, 17-Saddil Ramdani, 11-Dendy Sulistyawan

Baca juga : Jelang Laga FIFA Matchday Melawan Turkmenistan, Erick Semangati Tim Merah Putih

Cadangan: 20-Reza Arya Pratama (PG), 25-Syahrul Trisna (PG), 2-Andy Setyo, 19-Fachruddin Aryanto, 16-Wahyu Prasetyo, 24-Dzaki Asraf, 13-Rachmat Irianto, 7-Stefano Lilipaly, 8-Ryan Kurnia, 9-Aji Kusuma, 10-Egy Maulana Vikri

Pelatih: Shin Tae-yong

Turkmenistan: 16-Babayev Batyr (PG), 2-Annagulyyev Guychhmyrat, 5-Bashimov Abdy, 12-Mammedov Ybrayym, 3-Soyunov Shohrat, 9-Annayev Myrat, 13-Ballakov Yelmyrat, 7-Mingazov Ruslan, 22-Tamurkin Ilya, 10-Tagayev Elman (Kapten), 14-Tirikishov Shanazar

Cadangan: 1-Charyevev Rasul (PG), 15-Geldiyev Ata, 6-Hojovov Hoshgeldi, 23-Jumayev Vepa, 4-Saparov Mekan, 8-Ahmet Atayev, 21-Charyyev Teymur, 18-Gurbanov Yazgylych, 19-Hojamammedov Dovran, 11-Nurmyradov Selim, 17-Abdyrahmanov Alibek, 20-Bayov Begmyrat

Pelatih: Mergen Orazov

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.