Dark/Light Mode

FIFA Matchday

Gebuk Turkmenistan 2-0, Egy Dan Dendy Jadi Pembeda

Jumat, 8 September 2023 21:36 WIB
Striker timnas Egy Maulana Vikri. (Foto : Ist)
Striker timnas Egy Maulana Vikri. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemain Bhayangkara FC, Dendy Sulistyawan dan Egy Maulana Vikri menjadi pahlawan Indonesia pada laga persahabatan menghadapi Turkmenistan bertajuk FIFA Matchday.

Digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (8/9/2023) malam, skuad Garuda unggul 2-0 atas Turkmenistan.

Di laga ini, Shin Tae yong kembali menurunkan Egy MV setelah hampir setengah musim tak masuk skuad timnas Indonesia. Dia masuk di babak kedua menggantikan Dewangga. Sementara Sandy Walsh menjalani debut bersama Timnas Indonesia.

Dendy Sulistyawan yang kali pertama mendobrak ke gawang Turkmenistan mengubah skor pada menit ke-19.

Baca juga : Babak Pertama, Indonesia Unggul 1-0 Atas Turkmenistan

Penyerang Bhayangkara FC itu melepaskan tendangan parabol dari luar kotak penalti tidak mampu diantisipasi kiper Turkmenistan, Baba Yev Batyr. 

Turkmenistan sempat mengancam gawang Indonesia yang dikawal Nadeo Argawinata di babak kedua. Tendangan dari luar kotak penalti dilepaskan Ballakov Velmyrat yang bisa ditepis Nadeo Argawinata dan menghasilkan sepak pojok bagi tim lawan.

Kapten Turkmenistan, Tagayev Elman nyaris mencetak gol indah jarak jauh pada menit ke-65. Tagayev melepaskan tembakan kaki kiri ke tiang jauh yang berada tipis dari gawang Nadeo Argawinata.

Pada menit ke-70, serangan balik yang dilancarkan Turkmenistan nyaris berbuah gol penyamakan kedudukan hanya beberapa detik setelah peluang yang didapat Egy Maulana.

Baca juga : Jelang Laga FIFA Matchday Melawan Turkmenistan, Erick Semangati Tim Merah Putih

Tembakan melengkung dilepaskan Tirkishov Shanazar dari dalam kotak penalti yang berada tipis di atas mistar gawang tim Garuda.

Egy Maulana Vikri menjawab kepercayaan Shin Tae yong. Dia berhasil membawa Timnas Indonesia unggul 2-0 atas Turkmenistan pada masa injury time babak kedua.

Pemain Dewa United itu melakukan penetrasi ke kotak penalti yang diakhiri tembakan ke tiang dekat dan sukses membobol gawang tim tamu.

Skor 2-0 bertahan hingga babak kedua berakhir.

Secara peringkat FIFA, Turkmenistan lebih unggul. Per 20 Juli 2023, Indonesia masih bertengger di peringkat ke-150 FIFA dengan mengantongi 1047,46 poin. Sementara itu, Turkmenistan menduduki posisi ke-138 dengan 1089,77 poin.

Baca juga : Misi Perbaiki Peringkat Dunia

Susunan pemain

Timnas Indonesia (4-3-3): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Sandy Walsh, Jordi Amat, Edo Febriansah; Alfeandra Dewangga (Egy MV), Marc Klok, Ricky Kambuaya; Saddil Ramdani, Dendy Sulistyawan, Adam Alis.

Timnas Turkmenistan (4-4-2): Baba Yev Batyr; Annagulyyev Guychmyrat, Bashimov Abdy, Mammedov Tbayym, Soyunov Shihrat; Annatev Myrat, Ballakov Velmyrat, Mingazov Ruslan, Ramurkin Ilya; Tagatev Elman, Tirkishov Shanazar.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.