Dark/Light Mode

Piala Eropa 2024

Bantai Latvia, Turki Melenggang Ke Jerman

Senin, 16 Oktober 2023 09:47 WIB
Para pemain Turki merayakan lolos ke fase final Piala Eropa 2024 di jerman. (Foto : Ist)
Para pemain Turki merayakan lolos ke fase final Piala Eropa 2024 di jerman. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Turki berhasil membantai Timnas Latvia, dengan skor 4-0 pada pertandingan matchday kedelapan Grup D Kualifikasi Piala Eropa 2024, di Stadion Konya Buyuksehir, Senin (16/10) dini hari WIB.

Dengan kemenangan ini, Timnas Turki yang dijuluki Ay-Yildizlilar alias Bintang Bulan Sabit lolos ke putara Final Piala Eropa 2024 di Jerman.

Hasil ini juga menandai tim besutan Vincenzo Montella itu kembali unjuk taring di Piala Eropa ini.

Baca juga : Portugal Vs Bosnia, CR7 Diistirahatkan

Turki menjadi tim pertama yang mematahkan rekor tak terkalahkan yang dimiliki Kroasia di laga home selama kualifikasi. Hasil itu juga mengantarkan The Crescent Stars ke puncak klasemen.

Hanya saja, Turki tak pernah lolos lagi di Piala Dunia sejak terakhir kali pada Piala Dunia 2002 saat mereka menempati posisi ketiga.
Kemenangan itu mengukuhkan posisi Turki yang menduduki posisi teratas dengan poin 16. Meski menyisakan satu pertandingan lagi, namun Turki sudah mengamankan tiket ke Jerman.

Sukses Turki tidak terlepas dari kinerja pelatih anyar Vincenzo Montella. Mantan striker tim nasiona Italia ini langsung mengantarkan Turki ke Jerman lewat dua pertandingan saja.

Baca juga : Yunani Vs Belanda, De Oranje Masih Punya Asa

Dengan keberhasilan Turki ke Jerman, maka satu tiket lagi diperebutkan Wales dan Kroasia. Wales naik ke posisi dua setelah mengalahkan Kroasia 2-1. Kedua tim sama-sama mengumpulkan poin 10, namun Wales unggul selisih gol.

Adapun Latvia dipastikan tereliminasi. Kemenangan atas Armenia di laga terakhir mereka tidak banyak membantu perjuangan anak asuh Dainis Kazakevičs. Sebab, kepastian soal nasib Latvia sudah diketahui sejak bulan lalu.

Daftar Tim yang Lolos ke Putaran Final Euro 2024
1. Spanyol (Grup A)
2. Skotlandia Grup A)
3. Prancis (Grup B)
4. Turki (Grup D)
5. Belgia (Grup F)
6. Portugal (Grup J).

Baca juga : Portugal Menang, CR7 Happy

Jadwal Kualifikasi Euro 2024
Senin, 16 Oktober 2023
23:00 Azerbaijan vs Austria. 

Selasa, 17 Oktober 2023
01:45 Belgia vs Swedia 
01:45 Bosnia vs Portugal (RCTI)
01:45 Gibraltar vs Irlandia 
01:45 Yunani vs Belanda (iNews)
01:45 Islandia vs Liechtenstein 
01:45 Luksemburg vs Slowakia.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.