Dark/Light Mode

Barca Dituding Terlibat Kasus Suap Negreira

Laporta: Ini Kampanye Terselubung

Jumat, 20 Oktober 2023 07:00 WIB
Presiden Barcelona Joan Laporta. (Foto: Net)
Presiden Barcelona Joan Laporta. (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Barcelona Joan Laporta mengaku tidak bersalah dalam kasus suap wasit, Negreira. Laporta mencium, ada kampanye terselubung buat mengacaukan internal Blaugrana, julukan Barca.

“Kami tidak pernah menyuap Negreira. Kami hanya korban atas tindakan pihak-pihak yang berusaha menjatuhkan citra klub melalui kasus ini,” kata Laporta seperti dikutip dari 𝘛𝘩𝘦 𝘔𝘢𝘳𝘤𝘢, kemarin.

“Berdasarkan sejarah kami be­lum pernah terlibat kasus ini. Tapi, Anda juga harus tahu ada madrid­isme sosiologis yang mempunyai banyak kekuatan,” imbuhnya.

Baca juga : Pandawa Agri Dorong Transformasi Pertanian Berkelanjutan

Dikatakan, pihaknya Sejauh ini, katanya, Barca terus berkom­petisi dengan madridisme sosi­ologis itu. Hal itu karena kelom­pok tersebut takut kesuksesan Barca kembali terulang. “Saya akan terus berjuang membawa Barca kembali menjadi yang ter­baik dalam sejarah dengan cara baik. Semakin saya berjuang untuk Barca, semakin saya men­cintai klub ini,” pungkasnya.

Diketahui, internal Barca saat ini tengah amburadul karena diduga terlibat dalam ka­sus Negreira. Barca dituding telah menyuap mantan Wakil Presiden Komite Wasit Spanyol, Jose Maria Enriquez Negreira, pada 2001-2018.

Dalam kasus itu, Barcelona disebut membayar 7,3 juta euro (setara Rp 122 miliar) kepada Negreira lewat perusa­haan Dasnil 95 SL kepunyaan Negreira dan putranya, Javier Enriquez. Bayaran ini diyakini agar Barca dapat keuntungan dari keputusan-keputusan wasit di lapangan.

Baca juga : Langkah Pertamina Jitu Kembangkan Biodiesel

Pengadilan pun mendakwa Barca bersalah atas kasus Negreira pada September 2023. Joan Laporta beserta dua eks presiden Barca, Sandro Rossell dan Josep Maria Bartomeu, turut didakwa bersalah.

Beberapa klub La Liga sep­erti Real Madrid, Sevilla, dan Athletic Bilbao mengecam ka­sus suap Negreira itu. Mereka mendesak La Liga mengin­vestigasi masalah ini lebih da­lam, mengingat skandal wasit ini turut mempengaruhi hasil pertandingan.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 20/10/2023 dengan judul Barca Dituding Terlibat Kasus Suap Negreira, Laporta: Ini Kampanye Terselubung

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.