Dark/Light Mode

Liga Italia

Dibekap Empoli, Fiorentina Nyungsep Di Kandang

Selasa, 24 Oktober 2023 07:47 WIB
Francesco Caputo. (Foto : Ist)
Francesco Caputo. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim dasar Empoli mempermalukan tuan rumah, Fiorentina pada duel penutup giornata atau pekan ke-9 Serie A Liga Italia 2023/2024.

Laga di markas Fiorentina, di Stadion Artemio Franchi, Florence, pada Selasa (24/10/2023) dini hari WIB. 

Tim tamu, Empoli yang berjuluk Gli Azzurri alias Si Biru, mempermalukan tim tuan rumah yang berjuluk La Viola alias Si Ungu dengan kor 2-0.

Dua gol kemenangan Empoli asuhan Aurelio Andreazzoli dicetak oleh Francesco Caputo pada menit ke-21, dan Emmanuel Gyasi pada menit ke-81.

Pertandingan bertajuk Derby dell’Arno atau Derby Tuscany ini dipimpin wasit Federico Dionisi. Fiorentina asuhan Vincenzo Italiano tampil dengan formasi 4-5-1. Sedangkan Empoli menggunakan formasi 4-3-3.

Baca juga : Lawan AC Milan, Juventus Menang Tipis

Duel berlangsung panas. Pertandingan terhenti karena banyaknya pelanggaran yang dilakukan kedua tim. Ada beberapa teguran yang dilakukan wasit Federico Dionisi, yakni kepada Sebastian Walukiewicz, Matteo Cancellieri, Lucas Beltrán dan Jacopo Fazzini.

Kemenangan Empoli di pertandingan ini justru dinodai dengan 1 kartu kuning untuk Fiorentina, dan 3 untuk tim penyerang Empoli. Tidak ada pemberian kartu merah pada pertandingan Empoli melawan Fiorentina.

Di laga ini, Empoli memang terbukti lebih dominan. Mereka mencetak penguasaan bola hingga 28 persen. Mereka mampu melepaskan 6 tembakan dan 3 di antaranya mengarah ke gawang.

Sementara, Fiorentina tampil cukup tertekan karena cuma mencetak penguasaan bola 72 persen.

Emmanuel Gyasi juga tampil menonjol di stadion Artemio Franchi. Penyerang Empoli itu mencetak 1 gol.

Baca juga : Torino Vs Inter Milan, Martinez Diragukan Tampil

Sedangkan pemain terbaik pada pertandingan itu adalah Etrit Berisha. Kiper Empoli itu unggul dengan menyelamatkan 7 tembakan.

Dengan hasil ini, tuan rumah La Viola meraih 17 poin dan berada di peringkat kelima, tertinggal lima poin dari pemimpin klasemen Inter Milan.

Sementara itu, tim tamu Empoli, hanya meraih kemenangan kedua dalam sembilan pertandingan, dengan mengumpulkan 7 poin dan berada di peringkat ketujuh belas di klasemen sementara Serie A Liga Italia 2023/2024.

Fiorentina sebelumnya diunggulkan dalam duel ini. Sebelum laga kontra Empoli, dari 8 laga Liga Italia 2023/2024, La Viola meraih 5 kemenangan, 2 imbang, dan hanya sekali kalah.

“Dalam beberapa tahun terakhir Empoli sangat susah kami kalahkan. Ini adalah laga derby yang sulit dan kami tahu siapa lawan yang akan kami hadapi. Mereka tim yang terorganisir dan tidak mudah menyerah,” tutur Vincenzo Italiano saat konferensi pers.

Baca juga : Juventus Kepincut Aksi Andre Gomes

Hasil duel Fiorentina vs Empoli dengan kor 0-2 menjadi laga penutup di pekan ke-9 Serie A Liga Italia ini.

Di pertandingan berikutnya, Fiorentina akan menghadapi Lazio sebagai tamu Sedangkan Empoli akan bermain di kandang sendiri melawan Atalanta.

Susunan Pemain 

Fiorentina (4-5-1) : Pietro Terracciano; Michael Kayode, Nikola Milenković, Lucas Martínez Quarta, Fabiano Parisi; Arthur, Alfred Duncan; Giacomo Bonaventura, Josip Brekalo, Nicolás González; M’Bala Nzola.
Pelatih: Vincenzo Italiano.

Empoli (4-3-3) : Etrit Berisha; Tyronne Ebuehi, Sebastian Walukiewicz, Sebastiano Luperto, Liberato Cacace; Alberto Grassi, Youssef Maleh, Răzvan Marin; Tommaso Baldanzi; Matteo Cancellieri, Francesco Caputo. 
Pelatih: Aurelio Andreazzoli.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.