Dark/Light Mode

Begini Skenario Man United Lolos Ke Fase Gugur Liga Champions

Kamis, 9 November 2023 08:00 WIB
Para pemain Manchester United. (Foto : Ist)
Para pemain Manchester United. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Manchester United masih berpeluang lolos ke Liga Champions ke fase gugur usai kalah dari FC Copenhagen, pada pertandingan matchday ke-4 Grup A Liga Champions 2023/2024.

Manchester United sempat unggul dua gol berkat Rasmus Hojlund pada menit ke-3 dan menit ke-28.

Keunggulan ini segera disamakan oleh Mohamed Elyounoussi pada menit ke-45, dan penalti Diogo Goncalves pada menit ke-45+9, tidak lama setelah Marcus Rashford menerima kartu merah di menit ke-42.

Manchester United sempat kembali unggul di babak kedua berkat eksekusi penalti Bruno Fernandes pada menit ke-69. 

Namun, FC Copenhagen yang tidak kenal menyerah membalikkan situasi berkat gol yang dicetak Lukas Lerager pada menit ke-83 dan Roony Bardghji pada menit ke-87 di ujung pertandingan.

Dengan hasil ini, Manchester United turun ke dasar klasemen dengan baru mengoleksi 3 poin. FC Copenhagen naik ke posisi 2 dengan torehan 4 poin.

Baca juga : Hasil Liga Italia: Arsenal Keok, Man United Ke Jalur Kemenangan

Kekalahan ini tentu membuat kans Manchester United lolos ke fase gugur semakin kecil. Namun masih ada harapan kok bagi Setan Merah lolos ke fase gugur nanti.

Dari matchday keempat ini, hanya tersisa satu tiket saja yang tersisa untuk melaju ke babak 16 besar Liga Champions.

Dengan dua laga yang tersisa, secara matematis MU masih bisa lolos ke fase gugur. Berikut adalah skenario kelolosan MU ke fase gugur nanti.

Di matchday kelima yang digelar 30 November 2023 nanti, Manchester United akan berhadapan dengan Galatasaray. Namun pertandingan ini akan digelar di markas raksasa Turki tersebut.

Untuk bisa lolos, Manchester United tidak boleh kalah di laga ini. Jika mereka menang atas Galatasaray, maka mereka akan kembali ke peringkat kedua dengan raihan enam poin.

Jika FC Copenhagen gagal menang melawan Bayern Munchen, baik imbang atau kalah maka Manchester United akan langsung naik ke peringkat dua, sementara FC Copenhagen di peringkat tiga dan Galatasaray di peringkat ke-4.

Baca juga : Hasil Liga Inggris: Man United Dan Spurs Menang Tipis

Lalu apa jadinya jika Manchester United gagal menang melawan Galatasaray? Ada sedikit harapan MU bisa lolos ke fase gugur.

Apa bila mereka imbang melawan Galatasaray, maka penentuan siapa yang lolos ke 16 besar akan ditentukan di matchday keenam. Karena MU akan memiliki empat poin dan Galatasaray akan memiliki lima poin.

Jika FC Copenhagen imbang atau kalah dari Bayern, maka jarak antara MU dengan kedua rivalnya tidak lebih dari satu poin. Sehingga mereka masih berpeluang lolos ke 16 besar.

Jika MU kalah di kandang Galatasaray nanti, maka MU harus melupakan mereka bisa lolos ke babak 16 besar.

Jika Manchester United menang melawan Galatasaray, maka tugas terakhir mereka adalah mereka harus menang di pertandingan terakhir melawan Bayern Munchen.

Pertandingan ini akan digelar di Old Trafford. Jadi setidaknya MU punya sedikit keuntungan untuk memetik kemenangan di laga ini.

Baca juga : Garuda Muda Pede Lolos 16 Besar Piala Dunia U-17

Jika mereka menang melawan Bayern Munchen, maka MU otomatis akan mengunci status runner up grup dengan raihan sembilan poin. Namun apa jadinya kalau mereka imbang atau kalah?

Apabila mereka kalah di laga ini, maka MU akan tetap lolos jika laga Galatasaray vs FC Copenhagen berakhir imbang. Jika ada salah satu tim antara FC Copenhagen vs Galatasaray yang menang, maka MU akan tersingkir dari fase grup.

Susunan Pemain FC 
FC Copenhagen (4-3-3) : Kamil Grabara; Peter Ankersen, Denis Vavro, Kevin Diks, Elias Jelert; Lukas Lerager, Diogo Goncalves, Rasmus Falk; Mohamed Elyounoussi, Viktor Claesson, Elias Achouri.
Pelatih: Jacob Neestrup.
Manchester United (4-2-3-1) : Andre Onana; Aaron Wan-Bissaka, Harry Maguire, Jonny Evans, Diogo Dalot; Scott McTominay, Christian Eriksen; Marcus Rashford, Bruno Fernandes, Alejandro Garnacho; Rasmus Hojlund.
Pelatih: Erik ten Hag.

Daftar Tim Lolos Babak 16 Besar Liga Champions 2023/2024
Berikut daftar tim yang sudah pasti lolos babak 16 besar:
Bayern Munchen
Real Madrid
Real Sociedad
Inter Milan
Manchester City
RB Leipzig

Top Skor Liga Champions 2023/2024
5 Gol - Alvaro Morata (Atletico Madrid)
4 Gol - Evanilson (Porto), Antoine Griezmann (Atletico Madrid), Erling Haaland (Manchester City)
3 Gol - Rasmus Hojlund (Manchester United), Julian Alvarez (Manchester City), Gabriel Jesus (Arsenal), Brais Mendez (Real Sociedad), Jude Bellingham (Real Madrid), Danylo Sikan (Shakhtar Donetsk).
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.