Dark/Light Mode

Kualifikasi Euro 2023

Gli Azzurri Lolos Dari Lubang Jarum

Rabu, 22 November 2023 07:00 WIB
Timnas Italia. (Foto: AP/Martin Meissner)
Timnas Italia. (Foto: AP/Martin Meissner)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Italia selamat dari lubang jarum setelah lolos ke putaran final Euro 2023. Hasil itu diraih usai Gli Azzurri bermain imbang melawan Ukraina tanpa gol di laga terakhir Grup C Kualifikasi Euro, di Bay Arema, Leverkusen, Jerman, dini hari kemarin.

Italia hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos dan terhindar dari playoff. Hasil itu menjadi skenario yang sangat ingin mereka hindari menyusul trauma gagal lolos ke Piala Dunia edisi 2018 dan 2022 setelah kalah di babak playoff.

Di laga tersebut, Kiper Italia Gianluigi Donnarumma layak dinobatkan sebagai pemain terbaik alias Man of The Match pada pertandingan ini. Dia harus bekerja keras untuk mencegah serangan-serangan awal dari Ukraina yang membidik kemenangan. Namun, tim asuhan Luciano Spalletti ber­hasil meredamnya.

Baca juga : Gareth Southgate Puji Mentalitas Skuad Inggris

Tercatat, kiper PSG ini harus membuat empat penyelamatan untuk menghentikan peluang-pe­luang lawan. Ukraina mulai lebih aktif menyerang di babak kedua.

Donnarumma tidak selalu ter­lihat di lapangan, tapi dia maju membuat penyelamatan krusial ketika tim membutuhkannya. Aksi Donnarumma diberi rapor 8 oleh Sofascore.

Atas hasil tersebut, Italia finish sebagai runner-up grup dengan 14 poin sama seperti Ukraina. Namun, Italia memiliki rekor head to head yang lebih baik.

Baca juga : Rafael Struick Yakin Menang Lawan Filipina

Usai keluar dari lubang jarum, Gli Azzurri berambisi memper­tahankan gelar.

“Kami gembira. Setelah se­mua kesulitan yang kami alami, kami akan berada di Jerman dan kami akan pergi ke sana sebagai juara bertahan dan pergi ke sana untuk menang,” kata Donnarumma.

Lolosnya Italia menjadi angin segar bagi Luciano Spalletti yang baru bertugas selama tiga bulan, setelah Roberto Mancini mundur. Italia akan masuk ke pot tiga atau empat untuk undian yang akan berlangsung pada 2 Desember di Hamburg.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.