Dark/Light Mode

Girona Vs Athletic Bilbao

Ogah Lengser Dari Klasemen

Senin, 27 November 2023 07:00 WIB
Artem Dovbyk. (imago images/Pressinphoto)
Artem Dovbyk. (imago images/Pressinphoto)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemuncak klasemen La Liga, Girona mengemban misi meraih kemenangan ke-12 saat bersua Athletic Bilbao di Estadi Municipal De Montilivi, dini hari nanti. Kemenangan akan menjauhi perolehan poin dari rival terdekat Real Madrid yang terpaut dua poin.

Tim tuan rumah Girona saat ini menempati posisi puncak klase­men dengan mengumpulkan 34 poin dari 13 pertandingan. Se­dangkan Athletic Bilbao duduk di peringkat kelima berkat tore­han 24 poin dari 13 laga.

Penampilan luar biasa Girona musim ini jelas mengejutkan ba­nyak pihak. Pendukung mereka bahkan mungkin tidak pernah memprediksi tim kesayangan mereka sukses memetik 11 kali kemenangan, satu imbang dan satu kali kalah dari 14 pertan­dingan. Apalagi sampai bersaing di papan atas dan mampu men­empati posisi puncak klasemen.

Baca juga : Capai TKDN Hingga 66 Persen, Medco E&P Raih Penghargaan Dari SKK Migas

Tapi, pasukan Ernesto Val­verde yang saat ini hanya ung­gul dua angka dari Real Madrid di peringkat kedua, berpelu­ang lengser andai Los Blancos menang saat melawan Cadiz, dini hari tadi. Jadi, mereka wajib menang dari Bilbao bila ingin kembali bertengger di puncak klasemen.

“Kami berharap para pemain bisa bermain lepas tanpa tekan­an. Dukungan para suporter akan membawa semangat pemain ber­main lebih baik,” ujar Ernesto Valverde.

Harapan mereka memetik angka penuh di laga nanti pun cukup terbuka lebar meski ter­catat sebagai tim di antara em­pat besar yang paling banyak mengalami kebobolan dengan 16 gol. Sebab, mereka juga tercatat sebagai tim tertajam La Liga musim ini dengan kemasan 31 gol. Mereka unggul tiga gol dari Real Madrid dan lima lebih banyak dari Barcelona.

Baca juga : Gagal Masuk DCT, Caleg Bisa Ajukan Sengketa Ke Bawaslu

Catatan ini bahkan menjadi yang paling baik dari empat kali penampilan Tim Putih dan Merah itu di La Liga. Sebelum ini penampilan terbaik mereka terjadi musim lalu dengan finish di peringkat kesepuluh.

Catatan statistik mereka jelang laga melawan Athletic juga ter­golong mengesankan. Mereka selalu menang di enam laga terakhir di semua kompetisi yang lima di antaranya terjadi di La Liga. Korban terakhirnya adalah Rayo Vallecano yang mereka kalahkan dengan skor 2-1 sebelum jeda internasional.

Sementara, performa Ath­letic jelang laga ini tidak begitu mengesankan. Mereka hanya memetik tujuh kemenangan, tiga seri dan tiga kekalahan dari 13 pertandingan.

Baca juga : Barcelona Vs Athletic Bilbao, Blaugrana Pincang

Namun, catatan buruk itu tidak menjamin Athletic akan kalah. Mereka tetap berpeluang menang karena punya modal cukup bagus. Yaitu, meraih kemenangan secara beruntun di tiga laga terakhir di semua kompetisi.

Dari sisi skuad, Girona dan Athletic tidak memiliki masalah. Keduanya dipastikan bakal turun dengan kekuatan penuh karena tidak ada pemain andalan yang cedera. Striker Artem Dovbyk yang menjadi top skor di Girona tentu akan menjadi ancaman bagi tim tamu.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 27/11/2023 dengan judul Girona Vs Athletic Bilbao, Ogah Lengser Dari Klasemen

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.