Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Setelah 111 Tahun, Klub Legenda Pele Terdegradasi Dari Liga Teratas Brasil

Jumat, 8 Desember 2023 06:07 WIB
Legenda Pele berseragam Santos FC. (Foto : ist)
Legenda Pele berseragam Santos FC. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Klub Santos FC tengah dirundung duka. Untuk kali pertama sejak 111 tahun, klub tempat para legenda Brasil bermain itu terdegradasi dari Liga Brasil.

Klub pertama legenda sepakbola Pele dan megabintang Neymar ini tersingkir usai menelan kekalahan 1-2 dari Fortaleza, pada Kamis (7/12/2023) dinihari WIB.

Santos gagal lolos dari grup degradasi, berada di posisi 17 klasemen akhir.

Baca juga : Jelang Natal Dan Tahun Baru, Harga Bahan Makanan Di Jakarta Terpantau Naik

Dengan hasil ini, Santos terdegradasi setelah 111 tahun secara konsisten berada di level atas kompetisi Brasil. Klub ini telah dikenal sebagai tempat lahirnya telenta sepak bola terbaik di dunia.

Beberapa pemain top lahir dari Santos FC sejak bertahun-tahun lampau. Diantaranya adalah Pele, Neymar, Robinho dan nama-nama top lainnya, yang jumlahnya banyak.

Kabar ini jelas mengejutkan banyak penggemar sepak bola di seluruh dunia. Namun pada kenyataannya, Santos FC tidak bisa meninggalkan zona degradasi yang diperuntukan untuk 4 tim dari 20 tim yang berkompetisi.

Baca juga : Sesjen Kemendikbudristek Terima Penghargaan Dari Universitas Di Australia

Seperti dilansir ESPN, setelah hampir seratus tahun menjadi klub terkemuka, Santos FC memiliki masalah keuangan besar. Tahun lalu mereka menumpuk hutang, dan dilarang oleh FIFA untuk menandatangani pemain baru.

Di lapangan, mereka tetap memiliki kekuatan yang luar biasa saat mereka maju ke final Libertadores tahun lalu. Namun sayangnya mereka menelan kekalahan 0-1 dari tetangganya Palmeiras.

Degradasi di musim ini sebenarmua telah diantisipasi, tetapi hasilnya masih membuat penggemar mereka menyesal. Klub yang memiliki sejarah dan tradisi sepak bola besar ini akhirnya harus ‘karam’.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.