Dark/Light Mode

Semifinal BWF World Tour Finals 2023

Fajri Siap Duel Lawan China

Sabtu, 16 Desember 2023 07:00 WIB
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. (Foto: PBSI)
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. (Foto: PBSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan menjaga fokus, jelang melakoni babak semifinal BWF World Tour Finals (WTF) 2023. Pasangan yang biasa disapa Fajri itu diprediksi akan berjumpa wakil China, Liang Wei Keng/ Wang Chang.

Di laga terakhir penyisihan grup kemarin, Fajri harus mengakui keunggulan juara Juara Dunia 2023 asal Korea Selatan Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae. Bertanding di Hangzhou Olympic Sports Expo Center in Xiacheng, Hangzhou, China, Fajri kalah rubber game, 20-22, 21-17, dan 12-21.

Menghadapi laga semifinal hari ini, Fajar mengaku, siap dan akan lebih fokus lagi. Fajri harus memperhatikan dan menjaga stamina karena lumayan terkuras di tiga pertandingan penyisihan grup.

“Di semifinal harus lebih fokus lagi. Lawan siapapun kami harus siap,” kata Fajar, kemarin.

Baca juga : 2 Kali Menang, Ginting Gagal Ke Semifinal BWF World Tour Finals

Fajar mengaku belajar banyak hal dari pertandingan terakhir yang berlangsung cukup alot. Salah satunya adalah mengon­trol emosi demi bisa tampil lepas dan tidak kehilangan fokus serta momentum.

Di laga itu, Fajri sempat unggul 20-16 di gim pertama. Tapi, mereka gagal menutupnya den­gan kemenangan karena terburu-buru. “Malah banyak mati send­iri sementara Kang/Seo bermain lebih safe,” kata Fajar.

Rian menambahkan, mereka coba terus fokus di gim kedua, dan tidak terlalu memikirkan apa di gim pertama. “Walaupun poinnya mepet-mepet tapi kami terus berusaha bagaimana men­erapkan pola yang konsisten dari satu poin ke poin berikutnya,” ucap Rian.

Di tinggal putra, Anthony Sinisuka Ginting harus kalah dari wakil Denmark Viktor Exelsen. Ginting harus kalah tiga set, 21-16, 7-21, 13-21.

Baca juga : BWF World Tour Finals: Jojo Dan Ginting Masih Sempurna

Di ganda putri, pasangan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti harus angkat koper lebih cepat. Apri/Fadia gagal lolos ke semifinal usai kalah di laga terakhir grup dari pasangan tuan rumah Liu Sheng Shu/Tan Ning, dua gim 13-21, dan 8-21.

Gagal lolos, Apri memilih memulihkan cedera yang diala­minya. Kata Apri, cederanya be­lum sembuh total. Dia berharap, cedera itu tidak kambuh lagi. Cedera itu membuat pasangan berjuluk Minionswati itu tidak bisa mengeluarkan 100 persen kemampuan.

“Bersyukur kami bisa menye­lesaikan pertandingan pertama sampai terakhir walau hasilnya memang belum sesuai harapan,” kata Apri.

Bicara soal keseluruhan pe­nampilan mereka selama 2023, ganda putri juara Hylo Open itu menilai performa mereka masih penuh dengan dinamika. Terlebih, dengan cedera yang diderita Apri selama beberapa turnamen terakhir.

Baca juga : Sering Ragu, Jorji Langsung Kalah Di BWF Tour Final 2023

Di laga lainnya, Gregoria Mariska Tunjung mengalahkan tunggal putri Korea Selatan Kim Ga Eun di laga terakhir fase grup dengan skor 21-14, 20-22 dan 21-17. Namun, hasil itu tak menolong Gregoria yang sudah dipastikan gagal lolos ke semifinal.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 16/12/2023 dengan judul Semifinal BWF World Tour Finals 2023, Fajri Siap Duel Lawan China

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.