Dark/Light Mode

BRI Liga 1

Imbang Lawan PSM, Persik Protes Kinerja Wasit

Selasa, 19 Desember 2023 06:14 WIB
Para pemain Persik Kediri dari kiri ke kanan, Renan Silva, Ze Valente, dan Flavio Silva. (Foto : Ist)
Para pemain Persik Kediri dari kiri ke kanan, Renan Silva, Ze Valente, dan Flavio Silva. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duel Persik Kediri vs PSM Makassar pada pekan ke-23 BRI Liga 1 musim 2023/2024, Senin (18/12) sore di stadion Brawijaya, Kediri berakhir imbang 1-1.

Namun laga yang sempat ditunda sekitar 30 menit itu membuat manajamen Persik kecewa dan melayangkan surat protes ke PSSI.

Baca juga : Persib Vs Bali United Dapat Kaca Mata, Kiper Jadi Pembeda

"Persik Kediri telah melayangkan surat resmi kepada PSSI dan meminta untuk dapat menyikapi kejadian kepempimpinan wasit tersebut dengan lebih seksama, sehingga kualitas pertandingan kita terjaga, guna menjaga marwah kasta kompetisi tertinggi tanah air ini," jelas manajemen Persik dalam pernyataan resminya, Selasa (19/12).

Dalam suratnya, Persik menjelaskan beberapa peristiwa yang dianggap merugikan klub berjuluk Macan Putih tersebut. Salah satunya soal pengabaian handball di kotak penalti oleh pemain PSM Makassar.  

Baca juga : Thomas Doll Puji Kinerja Wasit Asal Jepang

"Pada menit ke-52, Kediri melakukan serangan dari sisi kiri pertahanan PSM Makassar, lewat Bayu Otto ke area penalty PSM Makassar, namun pemain PSM Makassar Safrudin Tahar menahan bola dengan tangan, sangat disayangkan posisi Wasit dan Asisten Wasit 2 yang dekat dan jelas dengan kejadian handball, tidak berani mengambil keputusan mengambil keputusan Handball dan memberikan hukuman penalti untuk PSM Makassar,"  tulis manajemen Persik.

Laga ini sempat ditunda 30 menit setelah gawang Persik Kebobolan namun wasit tidak dapat dengan segera memutuskan apakah pertandingan tersebut merupakan gol bagi PSM atau tidak.

Baca juga : Malam Ini, Bali United Siap Pertahankan Dominasinya Atas Maung Bandung

Gol akhirnya disahkan dan kembali bermain usai ditunda 30 menit. Pada penambahan waktu babak kedua, terdapat serangan dari Persik Kediri yang menghasilkan bola masuk ke gawang PSM Makassar. Namun, atas kejadian tersebut, wasit tidak mengesahkannya sebagai gol, dan Persik Kediri dapat menerima keputusan wasit tersebut.

"Persik Kedirii selalu mendukung terciptanya kondisi kondusif selama pertandingan berlangsung dan menyanyangkan terjadinya insiden pelemparan oleh penonton Persik Kediri apapun alasannya dibalik aksi tersebut," demikian manajemen Persik.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.